JAKARTANEWS.ID – JAKARTA : Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Rawamangun mengadakan kegiatan open booth di PT Toyota Boshoku Indonesia. Acara terebut guna mensosialisasikan aplikasi Jamsostek Mobile (JMO) dan Manfaat Layanan Tambahan (MLT) kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan.
Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Jakarta Rawamangun Deni Suwardani mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pekerja terkait manfaat layanan BPJS Ketenagakerjaan. Pihaknya perlu mendorong aktivasi akun JMO agar peserta dapat dengan mudah mengakses layanan secara digital.
Deni mengatakan kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen BPJS Ketenagakerjaan dalam memberikan kemudahan akes layanan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi peserta.
”Dengan aktivasi akun JMO, peserta dapat mengakses berbagai layanan secara mandiri, seperti pengecekan saldo Jaminan Hari Tua (JHT), klaim JHT, pengkinian data, serta mengakses kartu digital. Selain itu, JMO juga menyediakan fitur pelaporan kecelakaan kerja, informasi program dan berbagai promo menarik yang sedang berlangsung,” kata Deni.
Lebih lanjut Deni menambahkan BPJS Ketenagakerjaan juga memperkenalkan Manfaat Layanan Tambahan (MLT) Perumahan yang bertujuan untuk memudahkan pekerja dalam memiliki rumah. Melalui program ini, peserta dapat mengajukan pembiayaan perumahan dengan Bunga yang kompetitif, sehingga kepemilikan rumah menjadi lebih terjangkau bagi pekerja. Program ini mencakup pembiayaan untuk pembelian rumah baru, renovasi, hingga pembangunan rumah di atas tanah milik sendiri.
“Kegiatan ini merupakan upaya kami untuk lebih mendekatkan layanan kepada peserta, khususnya dalam pemanfaatan aplikasi JMO dan program MLT. Kami berharap, dengan sosialisasi ini, peserta dapat lebih memahami dan memanfaatkan layanan yang kami sediakan untuk meningkatkan kesejahteraan mereka,” kata Deni.
Selama sosialisasi berlangsung, antusiasme pekerja di PT Toyota Boshoku Indonesia sangat tinggi. Banyak peserta yang melakukan reset akun JMO akibat berbagai kendala, seperti lupa email, email yang sudah tidak aktif, atau keinginan mengganti alamat email, proses pengajuan MLT serta menjawab pertanyaan dari peserta.
Deni berharap melalui kegiatan tersebut kesadaran dan partisipasi pekerja khususnya di PT Toyota Boshoku Indonesia terhadap program-program BPJS Ketenagakerjaan semakin meningkat.
”Serta semakin banyak pekerja yang memahami hak dan manfaat kepesertaan mereka dan dapat memanfaatkan layanan secara optimal demi kesejahteraan pekerja,” cetus Deni. (Dani)