10 Jaksa Kejati DKI Teliti Berkas Ratna Sarumpaet

HEADLINE HUKRIM

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA:  Kasipenkum Kejati DKI Jakarta, Nirwan Nawawi mengatakan pihaknya telah menerima berkas perkara kasus dugaan penyebaran kebohongan oleh tersangka Ratma Sarumapet, Kamis (8/11/2018) siang.

“Iya sudah diterima tadi,” katanya di Jakarta.

Menurutnya, berkas ini nantinya akan diteliti oleh Jaksa sebelum dinyatakan P21, penerimaan berkas perkara Ratna merupakan tindak lanjut dari SPDP yang diterima kejati DKI dari Polda Metro Jaya (8/10/2018).

“Bulan lalu kita sudah terima Surat Perintah Dimulainya Penyidikan dan sekarang berkas itu sudah rampaung. Sudah kami terima dan akan segera diteliti,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, tim Jaksa Peneliti yang berjumlah 10 orang diketuai oleh salah satu kepala seksi (kasi) sesuai ketentuan Pasal 138 KUHAP, melakukan penelitian berkas perkara tersebut. Nantinya, Jaksa itu akan menilai apakah memenuhi syarat formil maupun materiilnya.

“Penelitian itu sebagai pembuktian dalam pemenuhan unsur sbagaimana yang pasal yang disangkakan dalam berkas perkara. Kita tunggu saja apakah P19 atau P21,” tandasnya.

Sebagaimana diberitakan, Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan hari ini penyidik Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya resmi melimpahkan berkas perkara tersangka kasus dugaan penyebaran kebohongan, Ratna Sarumpaet ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) DKI Jakarta.

“Pagi ini Polda Metro Jaya ingin menyampaiakn perkembanagan penyidikan daripada tersangka ibu Ratna Sarumpaet. Hari ini akan disearahkan ke kajaksaan tahap pertama,” katanya di Mapolda Metro Jaya, Kamis (8/11/2018). (naek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *