Berlakukan E-TLE 1Hingga 30 November 2018, Sudah 81 Kendaraan Terblokir

HEADLINE MEGAPOLITAN

JAKARTANEWS.ID –JAKARTA:  Sejak diberlakukannya penindakan sistem tilang melalui kamera pengawas alias CCTV, yang disebut electronic traffic law enforcement (E-TLE) awal November lalu hingga tanggal 30 November 2018, Ditlantas Polda Metro Jaya telah menindak tegas 81 Nomor Polisi (Nopol) kendaraan yang diblokir.

Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes (Pol) Yusuf mengatakan jika kendaraan yang diblokir tersebut disebabkan karena tak membayar sanksi tilang yang ditanggung oleh pengendara pelanggar lalu lintas.

Data kendaraan yang terblokir tersebut otomatis akan konek di kantor Samsat Wilayah Hukum Polda Metro Jaya, sehingga si pengendara tak tak dapat membayar pajak kendaraannya sebelum menuntaskan denda tilang.

“Yang terblokir (81 mobil) karena tak membayar denda tilang yang tertanggung. Di komputer seluruh Samsat akan muncul data jika kendaraan tersebut sudah terblokir, dapat dibuka jika si pengendara sudah membayarkan denda tilang,” kata Yusuf di Jakarta, Sabtu (1/12/2018).

Yusuf merincikan, ada sekitar 511 kendaraan yang terkonfirmasi alias sudah mengirim surat tilang dan diketahui oleh si pemilik kendaraan, 258 pelanggar yang telah terkirim ke Pengadilan dan 258 pelanggar yang telah menerima amar putusan Pengadilan.

“Setelah terkonfirmasi, langsung dikirim ke Pengadilan,” ucapnya.

Yusuf juga mengapresiasi kesadaran pelanggar yang telah beritikad baik dan menjalankan kewajibannya membayar denda tilang.

“Pelanggar yang sudah membayar denda tilang hingga kemarin (30 November) ada sekitar 381 pelanggar,” ulasnya.

Yusuf menghimbau kepada masyarakat (pengendara) untuk tertib dan taat dalam berlalu lintas, sebab secara otomatis kamera CCTV canggih dengan sistem E-TLE akan memantau dan merekam setiap bentuk jenis pelanggaran di jalanan.

“Jika tak ingin disorot, direkam dan ditilang karena melanggar ya lebih tertib dan hati-hati dalam berkendara. Mari jadikan keselamatan sebagai kebutuhan,” tegas Yusuf. (naek)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *