Lagi Bareskrim Ringkus Penyebar Hoax 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos

HEADLINE HUKRIM

JAKARTANEWS.ID-JAKARTA: Penyidik Direktorat Cybercrime, Bareskrim, Mabes Polri berhasil meringkus pelaku penyebar berita hoaks tentang tujuh kontainer berisi surat surat yang telah dicoblos di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara Ketua Dewan Koalisi Relawan Nasional Prabowo- Sandi berinisial BBP.

Menurut Direktur Tindak Pidana Cybercrime Brigjen Rachmad Wibowo tersangka diduga telah memposting tulsian dan rekaman tentang adanya tujuh kontainer surat suara.

“Kami mendeteksi bahwa suara yang beredar tersebut kami yakini tersangka BBP tersanga memposting tulisan, rekaman audio dibeberapa plapon di WA group, medsos dan setelah itu viral tersangka menutup akunnya dan membuang handphonnya,” kata Rachmat kepada wartawan di kantor Divisi Humas, Mabes Polri, Rabu(9/1/2019).

Dia menerangkan, tersangka langsung melarikan diri dari Bekasi menuju Sragen, Jawa Tengah, sehingga penyidik berhasil melacaknya dan menangkap pada tanggal 7 Januari 2019.

“Kami masih melakukan pengembangan untuk mengetahui motip kenapa melakukan penyebaran hoaks itu,” jelasnya.

Sementara itu, Kasubdit I Tindak Pidana Direktorat Cybercrime, Kombes Dani Kustoni mengatakan, selain tersangka berinisial BBP penyidik juga menangkap tiga tersangka lainnya dalam kasus ini berinisial HY, LS dan J dilokasi berdeda.

“Total sudah ada 4 tersangka yang kami tangkap,” katanya.

Seperti diketahui sebelumnya, beredar viral dimedsos terkait dengan tujuh kontainer berisi surat suara yang telah dicoblos nomor urut Capres Cawapres Nomor 1 Jokowi- Mahrup Amien.Kemudian, KPU melakukan pengecekan dan kabar itu diketahui bohong.sapujiBareskrim Ringkus Penyebar Tujuh Kontainer Surat Suara Hoaks. (Sapuji)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *