6 Anak Pelaku Pencurian Diajari Mengaji di Polsek Kembangan

HEADLINE HUKRIM

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA : Pelaku pencurian masih di bawah umur sebanyak 6 orang anak diajari mengaji dan adzan oleh seorang ustad di Polsek Kembangan, Polres Metro Jakarta Barat. Mereka diamankan karena terlibat pencurian. Selain membawa senjata tajam, keenam ABG itu saat beraksi dalam pengaruh obat keras jenis Tramadol.

Mengenakan sarung , baju koko warna putih, dan berkopiyah keenam anak tersebut mendapatkan pembinaan rohani dari Ustafz Kaharudin Dopu. “Mereka mengikuti tausyiah atau nasehat agar menyadari bahwa perbuatan itu salah dan dilarang dalam agama. Mereka kami ajari mengaji dan adzan serta sholat berjamaah magrib, isya dan sholat subuh,” kata Ustadz Kaharudin Dopu di musholah kantor polisi tersebut.

Menurut Kapolsek Kembangan, Kompol Joko Handono, keenam anak tersebut diamankan di Jalan Sawo Kebon Kelapa, Kembangan Utara , Jakarta Barat,  Jumat (25/1) pagi lalu. Mereka ditangkap saat memanjat pagar rumah warga.

“Rupanya setelah satu persatu diperiksa, mereka mengaku sebelumnya melakukan pencurian di tempat lain dengan barang bukti  celana jeans dan sepasang sepatu wariors, 2  potong celana dan sandal warna hitam, 2 potong sweater warna hita.Selain itu mereka membawa, clurit bergagang karet warna hitam, dan satu unit sepeda,” jelas Joko didampingi Kanit Reskrim AKP Dimitri Mahendra, Minggu (27/1) pagi.

Keenam anak itu diantaranya PA (14), IR (14), MY (14 ), MR (13 ), FR (13), dan AS (12). Pengakuan mereka, sebelum melakukan aksinya terlebih dahulu menggunakan obat jenis Tramadol.

Sementara itu,  Kanit Reskrim Polsek Kembangan, Iptu Dimitri Mahendra mengatakan  mengingat para pelaku masih di bawah umur,  mereka  tidak bisa dipidana menurut Undang undang sistem peradilan anak. “Mereka kita berikan pembinaan rohani dan memberikan imbauan untuk tidak mengulanginya lagi. Dalam hal ini kami melibatkan tokoh agama, guru sekolah, orang tua, dan Ketua RT,” ujarnya.(Warto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *