Pinjaman Lunak Austria Bantu Pekerja Terampil Maritim

HEADLINE NASIONAL

JAKARTANEWS.ID — JAKARTA: Tenaga kerja terampil kemaritiman Indonesia digenjot dari bantuan Austria. Kerjasama yang dibiayai pinjaman lunak sejak 1996 itu diperluas melalui balai-balai latihan kerja (BLK-BLK) nasional.

“Komitmen memperkuat sumber daya manusia Indonesia itu mencakup kerjasama pengembangan BLK maritim di balai besar pengembangan latihan kerja (BBPLK) Medan, Makassar, dan Serang, melalui pembiayaan PHLN (soft loan),” ujar Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kementerian Ketenagakerjaan, Bambang Satrio Lelono, malam Sabtu (22/6).

Karena itulah ia mengapresiasi penandatanganan kontrak antara BBPLK Medan diwakili Heri Adha dan Bit Media E-Solutions GmbH diwakili Stefan Duss di Jakarta, pekan lalu. Kontrak yang disaksikannya bersama Duta Besar Austria, Helene Steinhäusl, itu perluasan kerjasama pada 1996 dengan BLK Serang mengembangkan Vocational Training Center.
BLK Maritim terdiri empat komponen kerja utama yaitu konstruksi bangunan; pengadaan peralatan pelatihan; pengembangan program, modul, dan pelatihan manajemen; serta pelatihan untuk instruktur. Sedangkan program pelatihan yang dikembangkan terbagi BBPLK Medan bidang pariwisata dan joinery (perkayuan); BLK Serang (pengelasan & listrik); dan BLK Makassar (otomotif/mesin kelautan, listrik, pengerjaan logam, pengerjaan serat kayu-kaca, pengelasan). (royke)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *