Medan Tanpa Judi, Salut untuk Komitmen Kang Dadang!

HEADLINE OPINI

Oleh: ZULKIFLI TANJUNG *)

Saya mengenal Kombes Pol DR Dadang Hartanto jauh sebelum menjabat Kapolresta Medan. Saat Kapolri mengeluarkan TR-nya, beliau pun meminta saya merekomendasikan rekan wartawan yang bisa mendampingi beliau bekerja di Medan. Adalah Wiku Sapta, sahabat kecil saya yang menjadi pilihan. Alhamdulillah, hingga hari ini hubungan baik itu masih terjaga.

Sejak kalah caleg dan habis modal, saya pun berniat menetap di Medan untuk kerja keras mengembalikan ratusan juta yang ludes saat bertarung dalam Pileg beberapa bulan lalu. Saat itu saya ‘perang’ nyaris tanpa bantuan siapapun. Ada bahasa nyaris karena masih ada dua tokeh Medan sahabat saya yang membantu, satu memberi 10 juta yang satu membantu 5 juta, mungkin hanya itu. Karena kalah banyak, saya pun fokus di Medan. Lama sebelumnya, saya wara wiri keliling Indonesia termasuk Jakarta.

Nah, di Jakarta ini lah saya berkenalan dengan Bang Dadang, demikian saya menyapanya hari hari. Ketika itu, saya adalah salah satu wartawan yang selalu mendampingi Kapolri Badrodin Haiti, Bang Dadang adalah Korsprinya. Bang Dadang sangat layak mendampingi orang hebat di negeri ini, karena kecerdasannya yang luar biasa, untuk menuliskannya pun saya nyaris tak mampu, apa lagi mengimbangi kepintarannya.

Sudah setahun lebih Kombes Dadang memimpin Kepolisian di Medan, selama itu baru dua kali saya bertandang ke kantornya di Mapolrestabes Medan. Terakhir beberapa hari lalu saya menemuinya. Dia tak hanya cerdas dan pintar, lebih dari itu, tutur katanya lemah lembut sungguh menyejukan hati semua kita yang bertemu dengannya. Masyarakat Medan pun pasti banyak merasakan itu, saat bertemu saat sholat subuh keliling mesjid yang setiap hari dilakukannya.

Banyak prestasi yang ditorehkannya di kota ini, butuh waktu lama untuk menuliskannya. Untuk edisi ini, saya hanya akan menuliskan komitmennya soal judi, yang baginya tak ada kata kompromi. Libas! Meskipun datang berkoper koper uang ke hadapannya, kejahatan jenis ini tak ada ruang di Medan selama dia memimpin. Salut! Hanya itu kata yang bisa saya tuliskan. Semoga kelak, Bang Dadang bisa memimpin Polri di negeri ini.  wartawan senior *)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *