Rabu, Kejagung periksa Mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin Terkait Kasus Bansos

HEADLINE HUKRIM

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA : Mantan Gubernur Sumsel Alex Noerdin dijadwalkan untuk diperiksa terkait penyidikan kasus Dana Bantuan Sosial (Bansos)  Jilid II,  di Gedung Bundar,  Kejaksaan Agung,  Rabu (14/8) pagi.

Jadwal pemeriksaan Alex Noerdin ini adalah yang kedua,  setelah minggu lalu tidak hadir tanpa pemberitahuan kepada tim penyidik.

“Benar yang bersangkutan akan diperiksa besok pagi oleh tim penyidik Bansos Sumsel.  Ini jadwal pemeriksaan kedua,  setelah pekan lalu mangkir, ” kata sumber JakartaNews.  Id,  di Kejagung,  Selasa (13/8) petang.

Sebelumnya,  Direktur Penyidikan pada Pidana Khusus Asri Agung Putra sempat dikonfirmasi pesan singat, namun  belum ada jawaban. Dari keterangan yang diperoleh beliau sangat sibuk.

Penyidikan Jilid II kasus Dana Hibah Sumsel,  yang diduga merugikan negara sekitar Rp21 miliar sempat memeriksa beberapa petinggi Pemprov Sumsel.

Namun,  sejak 2018 sampai kini belum juga ditetapkan tersangka. Padahal,  Surat Perintah Penyidikan (Sprindik) Jilid II  sudah diterbitkan dua tahun lalu bernomor: Prin 45 / F. 2 / Fd. 1/05/2017,   15 Mei 2017.

Atasan.
Penerbitan ini menindaklanjuti adanya fakta baru dalam persidangan atas nama terdakwa Ikhwanuddin, Kepala Kesatuan Bangsa dan Perlindungan Masyarakat Pemprov Sumsel dan Kaban Manajemen Keuangan) dan Aset Daerah Laonma Pasindka Tobing.

Dalam persidangan, di Pengadilan Tipikor Palembang, 2017, mereka berdua hanya menjalankan perintah pejabat atasan dan bukan kehendak mereka.

Dari dua kali gugatan oleh MAKI dan sekali oleh Lembaga Pengawas dan Pemgawalam Penegakan Hukum Indonesia (LP3HI)  terungkap pejabat atasan adalah Sekretaris Daerah dan Gubernur Sumsel.

Kedua pejabat Pemprov Sumsel ditetapkan beberapa dasar  Sprindik Jilid I Nomor: Print-95 / F / Fd. 1/09/2015, tanggal 8 September 2016 . (ahi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *