Alexander Marwata: Tidak Ada Penolakan Terhadap Pimpinan Baru KPK

HEADLINE PARLEMEN

JAKARTANEWS.ID- JAKARTA: Calon Pimpinan (Capim) KPK yang baru sekaligus petahana Pimpinan KPK saat ini, Alexander Marwata, menegaskan, tidak ada penolakan dari para Pimpinan KPK saat ini terhadap para Pimpinan baru KPK ditunjuk DPR RI, Kamis, (12/9/2019).

“Mas Agus Raharjo (Ketua KPK saat ini – red) telah mengatakan, menghormati siapa pun yang dilantik DPR RI menjadi Pimpinan KPK yang baru. Jadi sudah jelas itu,” katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (16/9/2019).

Alexander menyatakan, tidak ada pimpinan KPK yang mengundurkan diri.

“Tidak ada yang mengundurkan diri. Pak Agus, Pak La Ode, dan Ibu Basaria tetap masuk seperti biasa, hanya Pak Saut yang cuti. Bahkan tadi pagi, kan Pak Agus dan Pak La Ode telah melantik Sekjen dan Direktur Penuntutan KPK yang baru,” ungkapnya.

Komunikasi Dengan WP KPK

Ketika ditanyakan mengenai persetujuan Wadah Pegawai (WP) KPK terhadap pimpinan baru KPK, Alexander menyatakan, pihaknya akan terus berkomunikasi dengan WP KPK.

“Masih ada 3 bulan sebelum pelantikan pimpinan baru KPK, dan waktu yang cukup panjang tersebut akan digunakan untuk terus menerus berkomukasi dengan WP KPK, terangnya.

Dewas KPK

Terkait akan dibentuknya Dewan Pengawas (Dewas) KPK, Alexander mengungkapkan, dirinya setuju sebatas Dewas KPK hanya sebagai steering comittee, artinya tidak mengawasi hal-hal yang teknis.

“Saya tidak setuju penyadapan harus terlebih dahulu izin Dewas. Fungsi Dewas hanya mengawasi kinerja para pimpinan dan anggota KPK, itu saja. Jadi hal-hal yang teknis tidak perlu diawasi Dewas, ujarnya. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *