Ahmad Muzani Berharap Terpilih Sebagai Ketua MPR RI

HEADLINE PARLEMEN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Diam-diam ternyata Partai Gerindra mengincar kursi Ketua MPR RI. Nama yang ditunjuk oleh Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto untuk menjadi pimpinan MPR RI adalah Ahmad Muzani.

Ketika ditemui para awak media, Muzani menyatakan, Partai Gerindra sangat berharap Ketua MPR RI periode 2019-2024 berasal dari kadernya.

“Pak Prabowo ketika menunjuk saya menjadi pimpinan (MPR), sangat berharap dari Partai Gerindra bisa menjadi ketuanya. Kenapa? Karena demokrasi yang indah, demokrasi yang bagus, itu apabila ada berbagi peran dalam proses kelembagaan negara,” kata Wakil Ketua Umum Gerindra tersebut di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (2/10/2019).

Muzani menyebut, posisi Gerindra sebagai partai dengan perolehan suara terbesar kedua pada Pemilu 2019 diharapkan akan memuluskan jalannya sebagai Ketua MPR.

“Karena Ketua MPR itu tidak otomatis, tentu saja ini sedang kita bicarakan dengan fraksi-fraksi MPR, termasuk kelompok DPD. Bisa nggak dicapai kata musyawarah mufakat agar pemufakatan itu mencapai pada konsensus ketuanya Gerindra,” ujarnya.

Namun, Muzani menyatakan, diperlukan lobi-lobi antar fraksi untuk memuluskan langkahnya tersebut.

“Kira-kira seperti itu yang kita bicarakan, bicarakan, bicarakan. Belum bisa, diulang lagi. Belum mau, diulang lagi. Belum paham, diulang lagi. Tidak apa-apa,” imbuhnya.

Dengan proses lobi-lobi itu, Muzani berharap konsensus Ketua MPR dapat dicapai, meskipun dirinya juga mendengar ada nama lain yang mengincar posisi yang sama, seperti Bambang Soesatyo (Bamsoet).

“Tidak apa-apa, Bamsoet itu sahabat saya, sekarang Ketua DPR, berarti ingin jadi Ketua MPR lagi dong. Kalau saya kan Wakil Ketua MPR baru setahun setengah. Jadi ya sudah nggak apa-apa,” ucapnya.

Muzani pun berharap, Bamsoet dapat mengalah dalam pemilihan Ketua MPR RI nanti.

“Nanti mudah-mudahan Bamsoet mengalah untuk konsensus, ya wis Gerindra saja. Ya alhamdulillah, itu selesai. Namanya MPR, Majelis Pemusyawaratan Rakyat. Jadi pemusyawaratan yang diutamakan begitu,” pungkasnya. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *