Ketua DPR RI Serahkan Perppu KPK Sepenuhnya Kepada Presiden

HEADLINE PARLEMEN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Puan Maharani menyatakan, DPR RI akan menyerahkan sepenuhnya soal Peraturan Presiden Pengganti Undang-undang (Perppu) KPK kepada Presiden Jokowi.

“Iya kita serahkan sepenuhnya kepada presiden. Kita lihat dan kita tunggu dulu,” katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Senin (7/10/2019).

Puan mengatakan, DPR tak bisa menindaklanjuti apapun langkat terkait Perppu KPK karena DPR periode ini belum memiliki Alat Kelengkapan Dewan (AKD).

“Oleh karena itu, semuanya harus ditunggu terlebih dahulu sebelum DPR memutuskan sesuatu,” jelasnya.

Puan berpendapat, apa yang telah terjadi pada DPR periode sebelum dirinya menjabat memang perlu di-update kembali.

“Namun demikian, semuanya tentu harus menunggu semua alat kelengkapan dewan terbentuk,” ungkapnya.

Puan menyebut, yang mesti dilakukan saat ini adalah fokus pada pelantikan Presiden dan Wakil Presiden yang akan digelar 20 Oktober mendatang.

“Saat ini yang harus difokuskan terlebih dahulu adalah proses pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober nanti. Kita berharap segala sesuatunya dapat berjalan dengan lancar,” harapnya.

Penyusunan AKD

Terkait penyusunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD), Puan mengatakan, pembagian susunan AKD sudah dibahas bersama pimpinan fraksi.
“Namun, ada beberapa hal terkait pimpinan AKD sehingga diberikan waktu kepada seluruh pimpinan fraksi untuk melakukan lobi-lobi,” jelasnya.

Puan menilai, proses penyusunan AKD dilakukan secara musyawarah mufakat.

“Ada beberapa hal yang di mana saya berikan kesempatan untuk musyawarah dan mufakat. Prinsipnya semuanya ini tidak ada ribut-ribut,” ujarnya.

Puan berharap, susunan AKD bisa diselesaikan sebelum pelantikan presiden tanggal 20 Oktober 2019.

“Kalau belum bisa minggu depan masih ada waktu, ya targetnya sebelum pelantikan presiden tanggal 20,” ucapnya. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *