Gerindra Tidak Akan Intervensi Presiden Terkait Penyusunan Kabinet Kerja Jilid II

HEADLINE PARLEMEN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Ahmad Riza Patria mengaku, partainya tidak akan mengintervensi apapun keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penyusunan kabinet.

Hal itu dikatakan Ketua DPP Partai Gerindra tersebut di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (16/10/2019).

“Kami tidak pada posisi meminta-minta, menawar-nawarkan, apalagi mengintervensi. Semuanya kami paham itu menjadi kewenangan presiden terpilih yakni Pak Jokowi,” ujarnya.

Riza mengatakan, sikap Gerindra siap membantu apabila negara membutuhkan, selebihnya silakan pemerintah menyikapinya.

“Posisi kabinet sebagaimana kita ketahui bersama menjadi kewenangan atau hak prerogatif presiden dan wapres. Tentu kami dari partai Gerindra menghormati itu. Presiden yang sudah ditetapkan oleh KPU dan MK keputusannya kami hormati dan hargai,” tegasnya.

Riza menandaskan, Gerindra mengambil sikap menghormati keputusan Pak Jokowi dan Pak Ma’ruf untuk menentukan siapa saja yang duduk di kabinet.

“Kami meyakini untuk periode kedua tentu Pak Jokowi sudah lebih memahami dan mengerti tentu akan mengisi kabinetnya dengan orang-orang terbaik apakah itu dari parpol atau dari profesional, dari semua kalangan yang mewakili gender, etnis, suku, agama, profesi, saya kira sudah dipertimbangkan secara matang untuk mencapai kemajuan 5 tahun yang lebih baik lagi,” jelasnya.

Sikap Prabowo

Ketika ditanyakan mengenai sikap Prabowo menyikapi penyusunan Kabinet Kerja jilid 2, Riza menyatakan, Prabowo dari dulu tidak berubah, konsisten dengan sikapnya, bahkan sebelum menjadi Ketum Gerindra, gagasan dan idenya tidak pernah berubah.

“Ingin Indonesia maju, caranya yaitu harus berdaulat atas pangan, harus berdaulat secara energi, Indonesia harus memiliki pertahanan dan keamanan yang kuat, harus ada penyedian sumber daya air (SDA) yang baik, dan memiliki pemerintahan yang kuat dan bebas dari KKN,” paparnya.

Demokrat Dan PAN Masuk Gerbong

Terkait kemungkinan Partai Demokrat (PD) dan PAN bergabung ke dalam gerbong pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, Riza menegaskan, Gerindra tidak akan mencampuri siapa yang harus masuk pemerintahan dan yang harus di luar pemerintahan.

“Saya kira Pak Jokowi sudah punya hitung-hitungan. Berapa idealnya partai yang berada di kabinet, berapa idealnya pendukung di parlemen, saya kira presiden sudah sangat paham dan mengerti,” pungkasnya. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *