Riza Patria: Prabowo Siap Jadi Menteri

HEADLINE PARLEMEN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria menyatakan, Prabowo Subianto siap menjadi menteri pada Kabinet Kerja jilid 2.

“Beliau (Prabowo) adalah sosok yang cerdas, konsisten, dan lapang dada. Pak Prabowo adalah prajurit sejati yang selalu siap di mana pun ditugaskan,” tegasnya di Kompleks Parlemen, Senayan (21/10/2019).

Namun Riza berujar, keputusan mengenai jadi tidaknya Prabowo menjadi menteri di Kabinet Kerja mendatang, atau bergabungnya Gerindra dalam pemerintahan diserahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Sejauh ini terkait kabinet, kami menyerahkan sepenuhnya kepada Pak Jokowi-Ma’ruf sebagai presiden dan wakil presiden yang kemarin baru dilantik,” katanya.

Riza mengaku, partainya tidak dalam posisi yang mengejar-ngejar jabatan menteri, dan sepenuhnya menyerahkan kepada presiden mana yang terbaik.

“Apakah Gerindra menurut Pak Jokowi lebih baik ada di dalam atau di luar kami serahkan sepenuhnya kepada Pak Jokowi. Beliau kan sudah 5 tahun memerintah jadi sudah berpengalaman,” tandasnya.

Riza juga mengaku, partainya tidak menyiapkan nama untuk diajukan sebagai menteri kepada presiden.

“Kami tidak menyiapkan nama-nama. Pak Jokowi sudah mengerti sudah memahami. Kalau nanti diajak bergabung pun Pak Jokowi tahu siapa saja kader-kader terbaik Partai Gerindra yang dianggap pantas dan mumpuni untuk duduk di kabinet mendatang,” katanya.

Ketika ditanyakan apakah Prabowo akan bertemu Jokowi hari ini, Riza mengaku, dirinya belum mengetahuinya.

“Saya tidak ingin mendahului semuanya akan kami serahkan kepada Pak Jokowi. Nanti kita lihat saja siapa yang dipanggil, apa urusannya dipanggil,” terangnya.

Putra mantan Ketua MUI Amidhan tersebut menerangkan, tidak ada aji mumpung terkait jatah kursi menteri yang akan didapatkan partainya, apalagi untuk kepentingan pemilu 2024 mendatang.

Beliau (Prabowo) selalu konsisten dari dulu untuk berbuat, berpikir untuk kepentingan yang lebih besar. Kepentingan bangsa dan rakyat. Tidak pernah mengedepankan kepentingan partai, golongan, apalagi pribadi. Jadi tidak ada aji mumpung itu.

Riza mengungkapkan, dalam perjalanan karir politiknya, Prabowo selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadinya.

“Terkait kabinet 1000 persen diserahkan kepada Pak Jokowi,” tukasnya.

Riza menyebut, partainya tidak dalam posisi meminta-minta atau menawar nawar. Kalau diperlukan pemerintah kita siap membantu pemerintah.

“Pak Jokowi yang lebih tahu, di mana saja kader Gerindra pantas untuk ditempatkan. Bukan kewenangan saya dan Partai Gerindra itu adalah wilayah dan kewenangan Pak Jokowi untuk menentukan apakah Gerindra di dalam atau di luar pemerintahan, di pos-pos mana saja ditempatkan, siapa saja nama-nama yang layak untuk duduk di kabinet,” jelasnya.

Terkait penolakan para relawan dengan masuknya Partai Gerindra ke dalam pemerintahan, Riza menanggapi, semua keputusan ada di tangan presiden.

“Biarlah nanti Pak Jokowi yang mengumumkan. Saya kira kita semua tidak bisa mendahului biarlah kita tunggu keputusan dari Pak Jokowi,” pungkasnya. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *