DPR RI Sahkan AKD

HEADLINE PARLEMEN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: DPR RI mengesahkan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dalam rapat paripurna perdana periode 2019-2024 sore ini, Selasa (22/10/2019). Rapat menetapkan jumlah komisi serta jumlah dan komposisi fraksi di tiap AKD.

Rapat paripurna yang digelar di kompleks parlemen, Senayan ini dipimpin oleh Ketua DPR RI Puan Maharani.

Dalam rapat paripurna ini diputuskan, komisi di DPR tetap berjumlah 11. Tiap komisi dipimpin satu ketua dan empat wakil ketua.

“Sesuai dengan rapat konsultasi pengganti rapat Bamus antara pimpinan DPR dan pimpinan fraksi telah menyepakati jumlah komisi sebanyak 11 komisi,” jelas Puan.

Selanjutnya, rapat menetapkan jumlah dan komposisi keanggotaan fraksi dalam AKD. AKD terdiri atas pimpinan, Badan Musyawarah (Bamus), Badan Anggaran (banggar), Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN), Badan Kerja Sama Antar-Parlemen (BKSAP), Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD), Badan Urusan Rumah Tangga (BURT), dan Panitia Khusus (Pansus).

Lebih lanjut, Puan menyebutkan ruang lingkup tugas para Wakil Ketua DPR. Wakil Ketua DPR akan memimpin masing-masing komisi yang sesuai dengan ruang lingkup tugas.

Puan Maharani sebagai Ketua DPR RI mempunyai tugas yang bersifat umum dan mencakup semua bidang koordinasi. Ada 4 wakil ketua DPR, yakni Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel, dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Azis Syamsuddin sebagai Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) yang membidangi ruang lingkup tugas Komisi I, II, III, Badan Legislasi, dan Badan Kerja Sama Antar-Parlemen.

Sufmi Dasco Ahmad sebagai Koordinator Bidang Ekonomi dan Keuangan yang membidangi ruang lingkup tugas Komisi XI, Badan Anggaran, dan Badan Akuntabilitas Keuangan Negara.

Rachmat Gobel sebagai Koordinator Bidang Industri dan Pembangunan yang membidangi ruang lingkup tugas Komisi IV, V, VI, dan VII.

Muhaimin Iskandar sebagai Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat yang membidangi ruang lingkup tugas Komisi VIII, IX, X, BURT, dan MKD.

“Apakah dapat disetujui?,” tanya Puan kepada para anggota Dewan yang menghadiri rapat.

“Setuju,” jawab peserta rapat. Puan kemudian mengetuk palu tanda pengesahan.

Pengesahan AKD

Usai memimpin rapat paripurna pengesahan AKD, Puan menghimbau, masing-masing fraksi segera mengirimkan nama-nama anggota kepada Kesetjenan DPR untuk menempati tiap AKD.

“Secepatnya (nama harus dikirimkan). Karena kalau tidak menyerahkan nama, maka komisi tidak bisa berjalan,” imbuhnya.

Puan berpendapat, tiap AKD sudah bisa efektif bekerja mulai besok. Puan juga berharap, DPR RI dapat segera bekerja dengan para menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang akan dilantik Rabu (23/10/2019) besok.

“Dengan keputusan paripurna hari ini, artinya besok sudah bisa terbentuk dan mulai diisi orang-orangnya,” harapnya. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *