Polda Jatim Gelar Operasi Zebra Semeru 2019, Kerahkan 3.262 Personel

HEADLINE NUSANTARA

JAKARTANEWS.ID – SURABAYA: Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Budi Dermawan mengatakan untuk penindakan tegas dalam pelanggaran lalu lintas, Polda Jatim dan jajaran menggelar Operasi Zebra Semeru 2019.

Dalam operasi tersebut digelar selama 14 hari dengan mengerahkan 3.262 personel se Jatim.

“Laka lantas terjadi karena adanya pelanggaran lalu lintas, oleh sebab itu pihaknya berharap masyarakat sadar untuk mematuhi peraturan lalu lintas. Saya yakin tingkat kesadaran masyarakat Jatim baik untuk mematuhi peraturan lalu lintas,”jelasnya di Mapolda Jatim, Rabu (23/10/2019).

Diterangkan oleh Budi,untuk penindakan akan dilakukan jika memenuhi unsur pelanggaran. Ada delapan kategori yang akan dilakukan penindakan antara lain batas kecepatan, menggunakan sabuk safety belt, kelengkapan surat-surat, melawan arus, pengendara yang menggunakan alcohol dan lain-lainnya.
Sementara itu, terpisah Polrestabes Surabaya juga menggelar apel Operasi Zebra Semeru 2019.

Untuk di Surabaya akan difokuskan pada 8 (delapan) item sasaran sebagai prioritas penindakan pelanggaran lalu lintas, yaitu pengendara roda dua (R2) yang tidak menggunakan helm standar, pengemudi kendaraan roda empat (R4) atau lebih, yang tidak menggunakan sabuk keselamatan (safety belt), kendaraan melebihi batas kecepatan, berkendara dalam pengaruh alkohol, pengendara kendaraan bermotor masih di bawah umur, menggunakan ponsel saat mengemudikan kendaraan bermotor, berkendara melawan arus, serta menggunakan lampu rotator atau strobo dan sirine. (Die)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *