Sambut Hari Sumpah Pemuda, Kapolda Metro Hadiri Gelar Budaya Papua Bakar Batu

HEADLINE MEGAPOLITAN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Ratusan masyarakat dan Badan Musyawarah Papua Papua Barat yang berdomisili di DKI Jakarta mengadakan pembakaran Batu di lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu, (27/10/2019).

Acara ini digelar di Monumen Pembebasan Papua Barat dihadiri Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Pangdam Jaya Mayjend TNI Eko Margiyono dan Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono.

Ketua Penyelenggara, Frans Anasay dalam sambutannya mengatakan acara budaya bakar batu digelar dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang ke 91 tahun, 28 Oktober 2019.

“Budaya bakar batu merupakan simbol persatuan,” kata Frans.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Papua dan Papua Barat yang melakukan acara tersebut.

Menurut Gatot, Jakarta adalah miniatur Indonesia tempat berkumpulnya berbagai suku bangsa senusantara.

Gatot bilang Papua adalah Kita, Papua adalah Indonesia, semoga setelah acara budaya bakar batu ini, Indonesia tetap satu dalam kebhinekaan dalam persatuan.

“Jadi, mari kita bersatu untuk Indonesia yang maju,” pungkas Gatot Eddy Pramono.

Untuk diketahui, tradisi batu bakar merupakan salah satu tradisi penting di Papua yang merupakan ritual memasak bersama-sama dengan warga satu kampung yang ingin bersyukur, bersilaturahim (mengumpulkan sanak saudara dan kerabat, menikmati kebahagiaan. (Np)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *