KY Loloskan 13 CHA dari Seleksi Kesehatan dan Kepribadian

HEADLINE HUKRIM

JAKARTANEWS. ID – JAKARTA :  Komisi Yudisial (KY) meloloskan 13 orang calon hakim agung (CHA) dari tahap III,  berupa seleksi kesehatan dan kepribadian.

Ketua Bidang Rekrutmen Hakim Aidul Fitriciada Azhari mengatakan penetapan CHA yang lolos dalam seleksi tahap III dilakkan dalam Rapat Plebi KY CHA 2019, di Gedung KY,  Selasa (5/11).

“Mereka selanjutnya akan mengikuti seleksi wawancara pada Selasa-Kamis, 12-14 November 2019 di Gedung KY, Jakarta,” katanya, di Jakarta.

Dalam wawancara ini, para CHA akan digali lebih mendalam mengenai visi, misi, dan komitmen, Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH), filsafat hukum dan teori hukum,

wawasan pengetahuan peradilan dan perkembangan hukum, serta penguasaan hukum materiil dan formil.

Aidul F.  Azhari mengungkapkan dari 13 calon hakim agung tersebut berasal dari jalur karier sebanyak 12 orang dan jalur nonkarier sebanyak 1 orang.

“Dari jenis kamar yang dipilih, 2 orang dari kamar Agama, 4 orang dari kamar Perdata,  2 orang dari kamar Pidana, 3 orang dari kamar Militer, dan 2 orang dari kamar Tata Usaha Negara khusus pajak.”

Profesi CHA diantaranya,  sebanyak 10 orang berprofesi hakim, 1 orang berprofesi akademisi, dan 2 orang berprofesi hakim pajak.

Menurutnya,   seleksi CHA ini untuk mengisi 8 orang hakim agung. Terdiri,  3 orang untuk kamar Pidana, 1 orang  kamar Agama, 2 orang  kamar Militer, 4 orang kamar Perdata, dan 1 orang untuk kamar Tata Usaha Negara khusus pajak.,(ahi)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *