PJI Gelar Pertemuan dengan Organisasi Profesi dan Lembaga Internasional

HEADLINE HUKRIM

Menjembatani Kendala Informal:

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA : Ketua Umum Persatuan Jaksa Indonesia (PJI)  Setia Untung Arimuladi menjajagi kerjasama dengan organisasi sejenis dan institusi internasional, disela Pertemuan Jaksa Agung Asean dan China ke – XII,  di Kamboja.

Untung menjelaskan langsung dari Kamboja kepada JakartaNews.  Id upaya diplomasi semata untuk meningkagkan kerjasama.  Sekaligus koordinasi dan sinergitas dengan Jaksa-Jaksa se-Asean dan China.

“Langkah ini adalah bagian membentuk jaksa-jaksa berskala internasional. Dan upaya jika upaya-upaya formal terkendala oleh panjangnya birokrasi dan perbedaan sistem hukum dua negara,”  tuturnya, Kamis (7/11).

Pertemuan yang dilakukan di waktu luang pertemuan The 12th China-ASEAN Prosecutors General Conference, diantaranya dengan Assistant Public Prosecutor General Macau Mr.  Cheng Lap Fok, di Ballroom Sokha Siem Reap Resort and Convention Center.

Didampingi Sekretaris Umum PJI Asep N Mulyana, Untung membahas soal peningkatan kualitas profesionalisme Jaksa baik dalam bentuk pelatihan bersama. Lalu,   berbagi pengalaman (experience sharing), maupun praktik terbaik (best practices) dalam penanganan suatu perkara.

“Di samping itu juga telah digagas adanya kunjungan kerja antara Jaksa Macau ke Indonesia maupun sebaliknya,” ujar Untung gembira upayanya disambut baik.

Cheng Lap Fok menerima undangan PJI dan mengapresiasi berbagai inisiatif yang dilakukan PJI dalam rangka meningkatkan koordinasi dan sinergitas antar para Jaksa di kawasan China-ASEAN.

“Untuk itulah, Cheng Lap Fok yang didampingi oleh Public Prosecutor Wu Hio dan Cheng Hoi Fung juga mengundang Ketua Umum dan Pengurus PJI untuk mengunjungi Macau.”

Selain itu, tambah Untung diagendakan pula  kunjungan para Jaksa pada Kejaksaan Macau untuk melakukan kunjungan ke Indonesia dan mengikuti pelatihan di Badan Diklat Kejaksaan RI. “Saya ingin mengetahui dan belajar lebih banyak tentang asosiasi Jaksa yang tergabung dalam Persatuan Jaksa Indonesia”, balas Cheng Lap Fok atas undangan PJI.

Ketua Umum PJI bersama-sama dengan Sekretaris Umum dan Kepala Bidang Kerja Sama Internasional PJI Reda Manthovani terus melakukan berbagai upaya untuk memperluas hubungan dan kerja sama dengan berbagai stakeholder terkait baik di dalam maupun di luar negeri.

“Hubungan informal yang dilakukan PJI dengan para Jaksa di berbagai negara, sejatinya merupakan tekad dan komitmen PJI dalam membantu institusi untuk mengatasi berbagai hambatan dalam penanganan perkara yang melintasi batas-batas teritorial negara,” pungkas Untung.

Dalam pertemuan internasional yang digelar dua hari, 6 – 7 November , di Siem Riep, Kamboja, Indonesia diwakili oleh Wakil Jaksa Agung Arminsyah. Agenda pertemuan adalah The Role of Prosecutors in Regionally Combating Human Trafficking. (ahi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *