MPR RI Desak Kapolri Tingkatkan Pemberantasan Terorisme

HEADLINE NASIONAL

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Wakil Ketua MPR RI Syarif Hasan mendesak Kapolri Jenderal Idham Azis meningkatkan pemberantasan terorisme agar kejadian bom bunuh diri di Mapolrestabes Medan tidak terulang kembali.

Hal tersebut disampaikan Syarif di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (14/11/2019).

“Kami semua pimpinan MPR RI sepakat bahwa Kapolri wajib harus untuk meningkatkan pemberantasan terorisme,” katanya.

Tetapi menurut Syarif, yang harus menjadi titik perhatian adalah bagaimana berkomunikasi dengan masyarakat apa yang dikatakan terorisme itu benar-benar membahayakan masyarakat, bangsa, dan negara.

“Faktor sosialisasi dalam pencegahan terorisme ini sangat dibutuhkan. Kita harus memberikan pencerahan terhadap masyarakat,” sarannya.

Deradikalisasi Dinilai Gagal

Terkait banyaknya sorotan terhadap program deradikalisasi yang selama ini diselenggarakan BNPT, Syarif menyatakan, telah ada UU terorisme 2018 di mana di dalamnya terdapat pasal yang mengatur deradikalisasi.

“Nah saya pikir kita harus berikan kesempatan bagi para penegak hukun sedikit lagi karena bagaimana pun juga pemerintah juga harus concern terhadap radikalisme ini,” tegasnya.

Politisi Partai Demokrat tersebut mengaku, dirinya lebih concern kepada sosialisasi dalam hal ini bagaimana mencuci mindset mereka.

“Itu yang harus ditingkatkan lebih lagi. Kalau hanya memberantas tanpa sosialisasi hanya akan jalan di tempat seperti saat ini,” jelasnya.

Syarif menyebut, kurangnya sosialisasi membuat penanganan terorisme seperti jalan di tempat.

“Hari kita berantas di sini, di tempat lain muncul lagi. Jadi sosialisasi menurut saya sangat penting dilakukan bagi semua pihak. Apalagi yang ada kaitannya dengan pelaksanaan yang terkait dengan pemberantasan radikalisme,” pungkasnya. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *