Perdagangan Indonesia-Singapura Bentuk 6 Pokja Kerjasama

EKBIS HEADLINE INTERNASIONAL

JAKARTANEWS.ID — JAKARTA: Indonesia-Singapura sepakat meningkatkan perdagangan bilateral melalui enam (6) kelompok kerja. Yaitu kawasan ekonomi khusus Karimun-Batam-Bintan; investasi; tenaga kerja; transportasi; agribisnis; dan pariwisata.

“Indonesia menjunjung tinggi kerja sama ekonomi dengan Singapura yang selama ini telah terbangun dengan baik. Saya akan melanjutkan pekerjaan yang telah dilakukan pendahulu saya, bapak Enggartiasto Lukita,” ujar Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto, didampingi Karohumas Olvy Andrianita.
Kesepakatan itu, katanya, dilakukan disela-sela mengikuti KTT Asean ke-35 di Bangkok. Kendati, diakuinya, masih ada kendala terkait isu-isu berupa akses pasar. Disamping, ia menekankan urgensi ASEAN sentralitas dan satu suara dalam upaya penyelesaian perundingan.
“Indonesia mendorong agar seluruh teks perjanjian dapat difinalisasi dan perundingan akses pasar segera diselesaikan, sehingga RCEP dapat ditandatangani pada akhir tahun depan,” ujarnya.
Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/ RCEP) merupakan konsep kerja sama ekonomi yang melibatkan 10 negara anggota ASEAN dan 6 negara mitra ASEAN+1 (Tiongkok, Korea, Jepang, Australia, Selandia Baru, dan India). RCEP dimulai sejak 2013 dan Indonesia bertindak sebagai negara koordinator (country coordinator). (royke)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *