Belum Diterimanya Salinan Putusan MA, Upaya PK Bank Mandiri CBC Bandung Tertahan

HEADLINE HUKRIM

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA : Belum diterimanya salinan putusan kasasi Mahkamah Agung (MA),  maka tekad Kejaksaan Agung untuk mengajukan Peninjauan Kembali (PK) terhadap putusan bebas perkara Bank Mandiri atas nama Rony Tedi tertahan.

“Salinan putusannya belum kita terima.  Jadi tidak ada yang bisa dilakukan.  Dengan diterimanya salinan,  kita kaji,  analisa untuk mengajukan upaya hukum lain (PK),” kata Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus)  M.  Adi Toegarisman,  di Kejagung,  Senin (2/12).

Namun demikian, Adi mengingatkan upaya hukum lain pasti dilakukan,  karena hal ini menyangkut uang negara yang sangat besar. Selain itu,  menurut Adi tim Jaksa Penuntut Umum (JPU)  meyakini adanya tindak pidana korupsi.

Dugaan tindak pidana korupsi dimaksud,  seperti agunan (jaminan) yang hanya sebesar Rp73 miliar,  namun digelontorkan kredit Rp1,4 triliun,  uang kredit yang digunakan untuk kepentingan lain.  Serta dilanggarnya prinsip kehati-hatian perbankan (Prudential Bangking).

“Dasar-dasar inilah menjadi tekad kami bagaimana uang negara dapat dikembalikan. Itu jumlah uang yang sangat besar. Berbagai ferobosan hukum pasti akan kami lakukan, ” tegas Adi.

Rony Tedi (Dirut PT Tirta Amarta Bottling-TAB) dan enam tersangka lain telah diputus bebas, 1 Oktober 2019.  Putusan kasasi MA ini menguatkan putusan Pengadilan Tipikor Bandung, yang membebaskan Rony dalam kasus pembobolan Bank Mandiri CBC Bandung sekitar Rp1, 8 triliun.

JOKO S.  TJANDRA

Meski dalam ketentuan perundangan Jaksa tidak boleh mengajukan PK,  kecuali terpidana dan ahli waris,  tapi bukan berarti jaksa tidak boleh mengajukan PK.

Upaya PK ini pernah diterobos oleh Jaksa M.  Jasman M.  Pandjaitan terhadap putusan kasaei MA dalam perkara Cessie Bank Bali sebesar Rp546 mikiar lebih atas nama Joko S.  Tjandra.

Tanpa dinyana,  upaya PK Kejaksaan dikabulkan dan uang negara Rp546 dapat dikembalikan ke negara, Kamis (11/6/2009). Joko bersama Mantan Gubernur BI Syahril Sabirin dipidana masing-masing dua tahun,  tapi Joko memilih kabur dan buron sampai kini. (ahi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *