Komisi VI DPR RI Resmi Putuskan Bentuk Panja Jiwasraya

HEADLINE PARLEMEN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Anggota Komisi VI DPR RI Rieke Diah Pitaloka menyatakan, rapat internal Komisi VI DPR RI, Rabu (15/1/2020) telah memutuskan pembentukan tiga (3) panitia kerja (panja).

Hal tersebut disampaikan Rieke kepada para awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (15/1/2020).

Rapat internal yang dipimpin oleh Gde Sumarjaya Linggih (Wakil Ketua Komisi VI dari Fraksi Partai Golkar) tersebut, memutuskan pembentukan:

1. Panja PT Asuransi Jiwasraya Persero

2. Panja Perdagangan Komoditas

3. Panja BUMN Energi

Rieke mengungkapkan, dengan keputusan internal Komisi VI tersebut, maka khususnya terkait PT Jiwasraya (Persero) diharapkan dapat lebih jelas peta masalah dan dapat ditemukan solusi yang tepat.

“Namun demikian, proses hukum dan penegakan hukum yang semestinya berjalan, tetap harus berjalan tanpa menunggu keputusan politik di DPR,” tegas anggota DPR RI yang berasal dari Dapil Jabar 7 ini.

Fungsionaris PDIP tersebut menghimbau, aparat penegak hukum berani melakukan penyitaan aset kepada siapa pun yang terindikasi sebagai pengemplang uang nasabah PT Jiwasraya.

“Saya mendukung PPATK untuk segera menelusuri aset para pihak yang terindikasi kuat terlibat dan pihak penegak hukum terkait berani melakukan sita aset para pelaku pengemplang uang nasabah PT Jiwasraya, tanpa pandang bulu,” tutupnya.

Pansus Lebih Tepat Ketimbang Panja

Sementara itu, Sekretaris Fraksi Partai NasDem DPR RI Saan Mustopa menegaskan, dana nasabah asuransi Jiwasraya jangan sampai hilang dan tidak dikembalikan seperti kasus First Travel.

Ia meminta para stakeholder untuk menjamin dana nasabah akan dikembalikan.

“DPR, Jiwasraya, pemerintah, dan penegak hukum harus berikan jaminan uang nasabah tidak akan hilang. Itu penting, itu harus ditegaskan pemerintah dan jiwasrya tidak ada uang nasabah yang hilang,” katanya.

Saan mengatakan, fraksi NasDem DPR lebih menyetujui pembentukan Pansus ketimbang Panja.

Namun, sikap Fraksi NasDem mendukung pembentukan pansus belum resmi.

Ketua DPD NasDem Jawa Barat ini menyebut, masih akan mengonsultasikannya ke partai.

“Kalau secara kecenderungan Partai NasDem, nanti kita akan komunikasikan, dari fraksi sendiri ya. Kita akan konsultasikan dengan partai,” pungkasnya. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *