Polda Sumut Amankan Satwa Dilindungi dari Rumah Oknum Polri

HEADLINE NUSANTARA

JAKARTANEWS.ID – MEDAN: Penyidik Ditreskrimsus Poldasu mengamankan beberapa ekor hewan dilindungi dari rumah tiga warga lokasi berbeda. Salah satunya dari rumah anggota Polres Langkat, Rabu (15/1).

Dirreskrimsus Poldasu Kombes Pol.Ronny Samtana melalui Kabid Humas Kombes Pol.Tatan Dirsan Atmaja kepada wartawan, Rabu (15/1) mengatakan, petugas mengamankan dari rumah Irvan Rizky als Irvan Baday di Perumahan Rorinata Residence, Blok A, Desa Tanjung Selamat, Kec. Sunggal, Kab. Deli Serdang, Prov. Sumut ditemukan 4 ekor Satwa dilindungi jenis, 1 ekor Burung Kakak Tua Jambul Kuning dan 3 ekor burung Nuri timur.

Kemudian, dari rumah Pahlevi Husinsyah Hasibuan (38), anggota Polri Polres Langkat di Lingk VII Tegalrejo, Kec. Stabat ditemukan 1 ekor Kakak Tua Jambul Kuning betina.

Sedangan dai rumah Luis Pratama di Rainbow School Jalan Sampul, Kel. Sei Putih Baru, Kec. Medan Baru ditemukan 1 ekor beruang madu, berumur kisaran 4 bulan.

Kombes Tatan menyebutkan, penangkapan berawal dari tersangka Irvan Rizky alias Irvan Baday kemudian dilakukan pengembangan kerumah tersangka Luis Pratama.

“Dari keterangan tersangka Luis Pratama, bahwa beruang madu itu didapat dari pemburu di daerah Pekan Baru dan hendak dijual seharga Rp.15 juta kepada tersangka Irvan Rizky als Irvan Baday,” kata Tatan.

Juru bicara Poldasu itu mengatakan, para tersangka dipersalahkan tindak pidana Setiap orang dilarang untuk memperniagakan, menyimpan atau memiliki kulit, tubuh atau bagian-bagian lain satwa yang dilindungi atau barang-barang yang dibuat dari bagian-bagian satwa tersebut atau mengeluarkannya dari suatu tempat di Indonesia ke tempat lain di dalam atau di luar Indonesia” sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (2) huruf  d dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan denda paling banyak Rp. 100.000.000,00 sesuai dengan Pasal 40 ayat (2) Undang – Undang Negara R.I. Nomor 05 tahun 1990 tentang Konsevasi Sumber Daya Alam Hayati Dan Ekosistemnya .

Satwa dilindungi itu, sebut Tatan akan diserahkan kepada BBKSDA.(josmarlin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *