Komisi III DPR RI Akan Pertanyakan Pencopotan Dirjen Imigrasi

HEADLINE NASIONAL

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan menyatakan, pihaknya akan menanyakan penyebab pencopotan Dirjen Imigrasi Ronny F. Sompie kepada Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly.

Hal tersebut disampaikan Hinca kepada para awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (28/1/2020).

“Saya akan mempertanyakan dalam rapat yang akan datang dengan Menkumham apa sebenarnya yang salah dari sistemnya, jadi tidak cukup hanya mencopot harus dijelaskan apa yg terjadi dan apakah ada mensrea atau niat buruknya atau ada kesengajaan atau tidak sengaja,” katanya.

Meskipun pengangkatan dan pemberhentian Dirjen Imigrasi merupakan hak prerogatif Menkumham namun, Hinca meyakini, hal tersebut tidak akan menyelesaikan permalasahan di Kemenkumham.

“Jadi begini, karena pengangkatan dan pemberhentian Dirjen itu kan kewenangannya Pak Menteri maka keputusan dia menjadi kewenangan dia itu dari sisi normatifnya, tetapi dari sisi pragmatisnya atau suasananya saya kira keputusan Pak Yasonna memberhentikan Dirjen Imigrasi belum menyelesaikan persoalan yang ada di keimigrasian di bawah rumah besar Kemenkumham,” tuturnya.

Menurut Hinca, publik harus mengetahui hal ini seterang-terangnya mengenai persoalan ini, karena permasalahan imigrasi merupakan masalah yang serius.

“Jadi publik harus tahu seterang-terangnya apa yang terjadi karena ini soal keluar masuknya orang dari dalam Indonesia keluar dan dari luar ke dalam, nah kalau Harun Masiku saja tak terdeteksi atau tak jelas informasinya, bayangkan kalau orang lain yang membahayakan negeri ini, jadi persoalan imigrasi ini persoalan yang sangat serius,” ujarnya.

Hinca berpendapat, langkah Yasonna ini dapat disebut sebagai cuci tangan politisi PDIP tersebut terkait kasus Harun Masiku.

“Ya saya katakan tadi ini kewenangan daripada dia, tanggung jawab atasan kepada bawahan. Saya kira itu tapi sekali lagi tetap kita pertanyakan di Komisi III,” ucapnya.

Sekjen Partai Demokrat tersebut mengatakan, minggu depan Komisi III DPR RI akan memanggil Menkumham, dan dirinya berjanji akan mempertanyakan pencopotan tersebut kepada Yasonna Laoly.

“Kalau tidak salah minggu depan dengan Kemenkumham, kita akan siapkan itu ya, nanti kita lihat supaya ada penjelasannya karena semua orang bertanya.
Pencopotan itu juga alasannya apa meskipun itu kewenangan Pak Menteri, tapi harus ada penjelasannya karena ini publik menunggu semuanya,” tandasnya.

Hinca mengaku, dirinya tidak mau berkomentar terkait wacana pencopotan Yasonna Laoly sebagai Menkumham.

“Kan kalau urusan itu urusan Presiden, jadi urusan Presiden itu, urusan saya ini di Komisi III, kita mau awasi betul harus terang benderang kenapa sistemnya salah, kalau salah apanya yg salah manusianyakah atau perangkatnya karena ini persoalan yg sangat serius,” ungkapnya.

Hinca menambahkan, jangan pernah menganggap sepele urusan imigrasi, lantaran ini menyangkut keselamatan negara dan persoalan imigrasi belum selesai hanya dengan mencopot orang saja.

“Ini soal keluar masuknya manusia, kalau kita-kita saja masih oke, tapi bagaimana kalau orang yang kemudian menjadi sesuatu yang membahayakan keselamatan negara. Jadi soal imigrasi belum selesai hanya dengan mencopot saja,” tutupnya. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *