Cegah Banjir, Ketua DPRD Minta Pemprov DKI Bongkar Seluruh Tali dan Saluran Air

HEADLINE MEGAPOLITAN NASIONAL

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi meminta Dinas Sumber Daya Air (SDA) melakukan normalisasi terhadap seluruh tali dan saluran air dinormalisasi.

Prasetyo menilai, buruknya kondisi tali dan saluran air menjadi penyebab utama banjir yang merendam Jakarta saat dilanda hujan lokal.

“Kedepan Dinas SDA harus turun ke lapangan, bongkar semua saluran dan tali air, karena pasti ada kotoran. Drainase seperti ini memang harus dibersihkan supaya airnya lancar,” kata Prasetyo di Jakarta, Rabu (26/2).

Prasetyo mengatakan, penyebab banjir di sejumlah titik di Jakarta hampir disebabkan hal yang sama, yakni buruknya tali dan saluran air.

“Kalau dulu, banjir itu setiap lima tahun sekali. Kalau sekarang setiap turun hujan banjir. Ini harus diambil suatu tindakan,” tegas Prasetyo.

Pada kesempatan itu, ia juga menyoroti pengoperasian pompa penyedot air yang dimiliki Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ia menuturkan secara keseluruhan DKI Jakarta memiliki 400 lebih pompa mobile, hasil pengadaan tahun 2018 dan 2019. Seharusnya pompa-pompa tersebut disiagakan dan dipastikan kinerjanya sebelum hujan melanda.

“Kalau mesinnya siap saya rasa banjirnya tidak akan seperti ini. 400-an lebih lho, masa tidak bisa menyedot banjir di Jakarta,” ungkapnya. (Anto).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *