Pembatalan Tiket KA Masa Tanggap Darurat Corona dan Pengurangan Perjalanan KA Jarak Jauh di Daop 1 Jakarta Bisa Dilakukan Secara Online

EKBIS HEADLINE

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Terhitung sejak Senin (23/3/2020) kemarin, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 1 Jakarta melakukan pengurangan jadwal perjalanan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen dalam rangka antisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Terdapat 19 kerangkatan Kereta Api (KA) yang mengalami pembatalan perjalanan dengan jadwal keberangkatan kurun waktu 23 Maret – 1 April 2020, dan KA yang mengalami pembatalan operasional tersebut merupakan beberapa KA yang memiliki jarak berdekatan, sehingga calon penumpang memiliki pilihan KA lain jika memang harus tetap melakukan perjalanan. Namun, jika calon penumpang tidak berkenan dialihkan ke KA lain, maka dapat dilakukan pembatalan tiket dengan bea pengembalian 100 persen.

Demikian disampaikan Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa kepada para awak media, Kamis (26/3/2020).

Eva menyatakan, pembatalan tiket dengan pengembalian bea 100 persen juga berlaku bagi calon penumpang KA yang memiliki jadwal keberangkatan pada masa tanggap darurat Covid-19, yaitu 23 Maret – 29 Mei 2020.

“Secara total terhitung sejak 1 maret 2020 hingga kini sekitar 71 ribu tiket untuk keberangkatan sampai dengan 90 hari kedepan telah dilakukan proses pembatalan baik melalui loket stasiun dan jalur online,” katanya.

Eva menyebut, guna menghindari penumpukan calon penumpang yang ingin melakukan pembatalan di loket stasiun, terutama di dua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh, yakni Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

“Untuk Stasiun Gambir dan Pasar Senen, PT KAI Daop 1 Jakarta menginformasikan bahwa pembatalan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access,” terangnya.

Eva menjelaskan, meskipun pembelian tiket melalui stasiun dan channel penjualan tiket yang lain, calon penumpang tetap bisa melakukan pembatalan di aplikasi KAI Access.

“Yang terpenting nomor identitas yang di daftarkan pada akun aplikasi KAI Access harus sesuai dengan nomor identitas pemesan tiket. Bahkan, pembatalan melalui KAI Access juga bisa untuk membatalkan tiket lainnya yang masih memiliki satu kode booking,” tuturnya.

Yang perlu dipastikan, ujar Eva, calon penumpang memiliki aplikasi KAI Access dengan versi paling update, maka dapat membatalkan tiket dengan pengembalian bea 100 persen.

“Bagi pengguna yang telah memiliki Aplikasi KAI Access dapat melakukan proses update pada aplikasi tersebut,” ucapnya.

Lebih lanjut Eva menerangkan, jika tidak melakukan pembatalan melalui aplikasi KAI Access, calon penumpang dapat langsung datang ke loket pembatalan yang ada di stasiun.

“Terdapat delapan stasiun di wilayah Daop 1 Jakarta yang melayani pembatalan tiket KA Jarak Jauh. Masing-masing stasiun memiliki 3 loket untuk melayani pembatalan tiket. Bahkan, guna menghindari antrean, khusus di Stasiun Gambir dan Pasar Senen, ditambah menjadi 5 loket layanan pembatalan tiket,” pungkasnya.

Berikut jadwal operasional pelayanan loket pembatalan tiket di stasiun yang buka setiap hari (Senin-Minggu):

1. Stasiun Gambir: Pukul 07.00 – 22.00 WIB
2. Stasiun Pasar Senen: Pukul 07.00 – 22.00 WIB
3. Stasiun Jakarta Kota: Pukul 07.00 – 19.00 WIB
4. Stasiun Bogor: Pukul 09.00 – 16.00 WIB
5. Stasiun Cikampek: Pukul 07.00 – 22.00
6. Stasiun Rangkasbitung: Pukul 09.00 – 16.00 WIB
7. Stasiun Serang: Pukul 09.00 – 19.00 WIB
8. Stasiun Bekasi : Pukul 07.00 – 22.00 WIB

Informasi perjalanan KA dapat diketahui melalui saluran resmi milik PT KAI (Persero) diantaranya aplikasi KAI Access, website resmi kai.id, Contact Center 121 line (021)121, Layanan pelanggan cs@kai.id dan Sosial media @keretaapikita @kai121_

(Daniel)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *