Ketua Komisi VIII DPR RI Imbau Umat Islam Sholat Ied di Rumah

HEADLINE PARLEMEN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Tanpa terasa Bulan Ramadhan 1441 Hijriyah tinggal tersisa 1 hari lagi. Esok hari, Minggu (24/5/2020) seluruh Umat Islam di dunia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah.

Menyikapi hal tersebut, Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto menghimbau kepada seluruh Umat Islam di Tanah Air untuk menyambut dengan gembira datangnya 1 Syawal 1441 Hijriyah di tengah pandemi virus corona (Covid-19).

“Kita sambut 1 syawal 1441 H dengan gembira karena tahun ini pelaksanaannya serentak di tengah pandemi Covid-19,” kata Yandri kepada para wartawan, Sabtu (23/5/2020).

Yandri berharap, momentum Idul Fitri di tengah pandemi Covid-19 tahun ini dapat dijadikan kebangkitan bangsa dalam melawan wabah Covid-19.

“Semoga ini menjadi kekuatan bangsa ini untuk bangkit bersama dalam melawan wabah Covid-19,” ujar Waketum PAN tersebut.

Yandri pun meminta kepada Umat Islam selalu mematuhi imbauan pemerintah untuk Sholat Idul Fitri di rumah, meskipun di beberapa tempat di Zona Hijau tetap akan dilaksanakan Sholat Idul Fitri di masjid atau lapangan.

“Kita sambut baik keputusan pemerintah untuk meminta Umat Islam Sholat Idul Fitri di rumah saja tapi bila ada Umat yang sholat di lapangan atau di masjid tetap harus dihormati,” imbuhnya.

Lebih lanjut Yandri berpesan, jangan ada tindakan represif dari pihak keamanan (polisi, TNI, atau Satpol PP) atau pihak lain lurah, kades, camat, dan sebagainya.

“Jangan sampai memicu kesalahpahaman umat karena faktanya hari-hari menjelang lebaran ada pergelaran konser, banyak mall yang buka, dan pasar-pasar berjubel dipenuhi warga tanpa mengindahkan protokol kesehatan Covid-19, dan faktanya pemerintah cenderung membiarkan tanpa ada tindakan yang serius,” pungkas legislator asal Dapil Banten 2 tersebut. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *