Komisi I DPR RI Pertanyakan Kapasitas Iman Brotoseno Sebagai Plt Dirut TVRI

HEADLINE PARLEMEN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Terpilihnya Iman Brotoseno sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Utama (Dirut) TVRI menggantikan Helmy Yahya oleh Dewan Pengawas (Dewas) TVRI menuai berbagai polemik di masyarakat.

Hal tersebut lantaran Dewas TVRI dianggap tidak melaksanakan rekomendasi Komisi I DPR RI untuk menunda pemilihan Dirut TVRI baru seperti yang diingini Dewas TVRI.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi I DPR RI Sukamta menyatakan, dirinya sangat menyayangkan pemilihan ini.

“TVRI tidak melaksanakan rekomendasi Komisi I untuk menunda pemilihan tersebut. DPR seperti tidak punya marwah di hadapan Dewas. Sebetulnya, mau dibawa ke mana TVRI ini,” kata Sukamta, Kamis (28/5/2020).

‌Wakil Ketua Fraksi PKS ini mempertanyakan hal ini, karena track record yang bersangkutan cukup mendapat sorotan publik, mulai dari pernah menjadi kontributor majalah dewasa hingga konsultan politik.

Iman Brotoseno

“Memang ini kewenangan Dewas, tapi DPR adalah perwakilan rakyat yang memiliki kewajiban untuk menyuarakan kegelisahan rakyat,” ujarnya.

Dengan track record seperti itu, menurut Sukamta, wajar jika ada kegelisahan di masyarakat termasuk dirinya di Komisi I DPR RI.

“Yang dipimpinnya ini Lembaga Penyiaran Publik, bukan lembaga kaleng-kaleng yang tidak memperhatikan soal etika dan moral,” tegasnya.

Sukamta menilai, TVRI melalui siaran-siarannya bisa memengaruhi masa depan wajah peradaban Indonesia.

“Oleh karena itu, siapa Dirutnya menjadi sangat penting,” pungkas legislator asal DI Yogyakarta ini. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *