Mengerucut, Dua Nama Calon Kapolri Gantikan Idham Azis

HEADLINE OPINI

Oleh: Nico Karundeng *)

Calon Kapolri yang bakal ditunjuk Presiden Jokowi memimpin Korps Bhayangkara kini sudah mengerucut tinggal dua nama.

Menurut informasi dari lstana Presiden dan lingkungan Kementerian Polhukam, dua nama yang sangat berpeluang adalah lulusan Akpol 1988. Kedua calon ini sudah sangat kuat menggantikan Kapolri Jenderal ldham Azis.

Sebelumnya Kepala Staf Kepresidenan Jenderal Purn Moeldoko, beberapa waktu laku sudah mengungkapkan nama-nama calon Kapolri sudah ada di tangan Presiden Jokowi.

“Tapi namanya belum di kantong saya, ” kelakarnya kepada wartawan di istana Presiden, Selasa, kemarin.

Sumber di Polhukam menyebutkan, rapat rapat internal Kompolnas sudah dilakukan membahas para kandidat Kapolri, tapi baru akan diserahkan ke sebelum tanggal 10 Januari.

“Hari ini mungkin sudah ditetapkan dalam rapat pleno siapa siapa yang bakal diusulkan ke Presiden. Tapi yang jelas sudah mengerucut, ” tutur sumber itu.

Nama nama calon Kapolri yang sudah santer beredar di masyarakat, yaitu Wakapolri Komjen Pol Gatot Edi Pramono, Kepala BNPT Komjen Pol Boy Rafly Amar, Komjen Pol Agus Andrianto dan Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo. Jika yang paling berpeluang lulusan Akpol 1988, tentu adalah Gatot Edi dan Boy Rafly.

Tapi semua keputusan tetap menjadi hak prerogatif presiden setelah Kompolnas dan Dewan Jabatan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) mengusulkan nama – nama tersebut.

Presiden Jokowi tentu saat ini sedang menyerap semua aspirasi yang berkembang di masyarakat. Apalagi di situasi ekonomi yang sulit karena di dera pandemi Covid 19, Presiden Jokowi, pasti akan memperhitungkan kesinambungan kepemimpinan Polri yang tidak menimbulkan gejolak di internal Polri itu sendiri.

Pergantian atau suksesi di tubuh Polri sendiri sesuatu yang alami. Siapa pun Kapolri yang terpilih tentu dapat dengan cepat melakukan konsolidasi internal dan menjalin sinergi dengan TNI demi menciptakan keamanan di dalam negeri yang sudah kondusif saat ini. (Wartawan Senior *)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *