Adies Kadir: Komisi III DPR RI Belum Terima Nama Calon Kapolri Dari Presiden Jokowi

HEADLINE NASIONAL

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Wakil Ketua Komisi III DPR RI Adies Kadir mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya belum menerima surat presiden (surpres) terkait nama calon Kapolri.

“Sampai detik ini DPR RI belum menerima surat presiden tentang pergantian Kapolri. Kami baru masuk masa sidang setelah reses tanggal 11 Januari 2021,” kata Adies, Jumat (8/1/2021).

Politisi Partai Golkar ini menyatakan, setelah surpres tersebut diterima DPR, Komisi III akan melakukan uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) terhadap calon Kapolri.

“Kami Komisi III DPR RI mempunyai tegang waktu 20 hari sejak surat Presiden diterima DPR RI untuk melakukan fit dan proper test sesuai UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian RI,” ujarnya.

Lebih lanjut, Adies Kadir pun menegaskan, siapa pun nama yang terpilih sebagai calon Kapolri hal tersebut sepenuhnya merupakan hak prerogatif Presiden.

Namun, legislator asal Dapil Jatim 1 ini berpendapat, sosok calon Kapolri harus memiliki visi misi mengedepankan penegakan hukum dan memiliki satu pandangan dengan Presiden Jokowi.

“Tentunya harus memiliki integritas, mempunyai visi dan misi untuk kemajuan Polri ke depan, mengayomi masyarakat, menegakkan hukum dengan seadil-adilnya dan mempunyai chemistry dengan Presiden,” tutup Adies Kadir.

Semua Bintang 3 Berpeluang

Sementara itu Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry mengatakan semua perwira tinggi Polri berpangkat Komjen memiliki peluang dan potensi sebagai calon Kapolri.

“Semua bintang 3 punya peluang dan potensi sebagai calon Kapolri,” tegas politisi PDI Perjuangan ini.

Herman Herry tidak keberatan apabila ada pihak-pihak yang mengusulkan nama-nama para calon Kapolri nantinya, namun dirinya juga mengingatkan siapa pun nama calon Kapolri yang terpilih nantinya merupakan hal prerogatif Presiden.

“Pihak-pihak yang mengusulkan nama ke Presiden, silahkan saja, semua kembali pada hak prerogatif presiden untuk diusulkan kepada DPR RI,” jelas legislator asal Dapil NTT 2 ini.

Lebih jauh, Herman menuturkan, Komisi III DPR RI akan melakukan fit and proper test calon Kapolri yang telah dipilih oleh Presiden Jokowi.

“DPR RI dalam hal ini Komisi Hukum (Komisi III) akan melakukan fit and proper test, sesuai nama yang diusulkan Presiden,” pungkas Herman Herry. (Daniel)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *