GEMUVI: Komjen Listyo Sigit Layak Jabat Kapolri

HEADLINE NASIONAL

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Desas desus siapa pengganti Jenderal Polisi Idham Azis sebagai Kapolri terus menyeruak ke publik. Beredar kabar, nama-nama jenderal bintang tiga yang disodorkan Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada Jokowi untuk menjadi calon Kapolri telah mengerucut.

Direktur Eksekutif Gerakan Muda Visioner (GEMUVI), Teofilus Mian Parluhutan menilai dari semua jenderal yang masuk radar publik, Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo paling berpeluang menggantikan Idham sebagai Truno Satu.

Alasan Teofilus, sejumlah kasus besar yang menyedot perhatian publik berhasil ditanganinya. Diantaranya, kasus buronan Djoko Tjandra yang kemudian menjerat dua jenderal di internal polri.

Selain itu, Komjen Sigit juga berhasil menetapkan delapan orang tersangka kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung). Catatan Kasus besar lainnya, lanjut Teofilus, adalah pengungkapan narkoba jenis sabu sebanyak 1,2 ton, 35.000 butir pil ekstasi dan 410 Kg ganja selama kurun waktu Mei-Juni 2020.

“Prestasi itu setidaknya menggambarkan bahwa Kabareskrim Bapak Komjen Listyo Sigit adalah jendral nomor wahid yang nanti dipilih pak Jokowi gantikan Jenderal Idham Azis , Baik dari sisi loyalitas kepada Presiden maupun profesionalisme kerja, Sigit merupakan seseorang yang layak menjadi Kapolri,” Ungkap teofilus.

Teofilus juga mengapresiasi langkah yang diambil Presiden dalam penunjukan menjabat Kapolri didasarkan kualitas dan kompetensi para perwira tinggi bintang tiga, bukan berdasarkan ukuran subjektif karena berdasarkan kekerabatan atau pun suku atau agama.

“Pemilihan Komjen Listyo Sigit dapat mempertegas komitmen kebhinekaan dan pluralitas Indonesia,” ujar Teofilus.

Teofilus juga menambahkan bahwa sosok calon kapolri kedepan harus memiliki visi dan misi yang mengedepankan penegakan hukum serta memiliki satu pandangan dengan Presiden Jokowi.

“Berintegritas, mempunyai visi dan misi untuk kemajuan Polri ke depan, mengayomi masyarakat, menegakkan hukum dengan seadil-adilnya, dan mempunyai chemistry dengan Presiden. Itu semua terdapat di sosok Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo,” ujar Teofilus. (Ralian)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *