Herman Herry: Fit and Proper Test Calon Kapolri Akan Dilaksanakan Selasa Mendatang

HEADLINE PARLEMEN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Komisi III DPR RI mengadakan rapat internal pasca diterimanya Surat Presiden (Surpres) mengenai nama calon Kapolri yang diusulkan Presiden Jokowi oleh pimpinan DPR RI.

Usai rapat internal yang dilangsungkan secara tertutup, Ketua Komisi III DPR RI Herman Herry mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena telah mengirimkan nama calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis kepada DPR RI

“Pertama-tama, tentu saya mengucapkan terima kasih kepada pemerintah, kepada Presiden Jokowi yang sudah mengirimkan nama ke DPR RI.

Ada pun, kata Herman Herry, kehadiran dirinya sebagai Ketua Komisi III DPR RI adalah untuk memimpin rapat internal dengan kapoksi-kapoksi di Komisi III DPR RI. “Nah jadwalnya adalah hari ini saya selaku ketua komisi III memimpin rapat internal dengan kapoksi-kapoksi di Komisi III,” ujar Herman di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (13/1/2021).

Herman pun mengungkapkan kesimpulan hasil rapat internal Komisi III DPR RI.

“Kesimpulan dari rapat internal kami adalah Besok kami akan mengundang RDPU PPATK dan Kompolnas. Tujuan RDPU tersebut adalah untuk meminta masukan dari masyarakat. Nah RDPU besok, kita akan mulai jam 11 kira-kira,” ungkap politisi PDI Perjuangan ini.

Kemudian, lanjut Herman Herry, jadwal berikutnya hari Senin (18/1/2021) calon Kapolri akan diundang ke DPR RI untuk membuat makalah, lalu hari selasa (19/1/2021) akan dilakakukan fit and proper test.

“Fit and proper test itu akan dimulai jam 10 pagi dengan pola fit and proper test, 2×2,5 jam. Jadi jam 10 dimulai sampai 12.30, lalu kita break, dan jam 2 (siang) akan dimulai lagi sampai jam setengah 5 sore,” jelas legislator asal Dapil NTT 2 ini.

Herman pun berharap, hari Selasa pekan depan (19/1/2021) Komisi III DPR RI sudah dapat membuat keputusan menerima atau menolak calon Kapolri yang diusulkan Presiden tersebut.

“Kami harapkan di hari Selasa itu, sore harinya Komisi III sudah dapat rapat untuk membuat keputusan menolak atau menerima calon yang diajukan oleh Presiden, itu kira-kira,” tandas Herman Herry. (Daniel)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *