Pemkot Bekasi Terapkan Sanksi Denda Bagi Masyarakat yang Tak Pakai Masker

HEADLINE MEGAPOLITAN

JAKARTANEWS.ID – KOTA BEKASI: Petugas gabungan Satpol PP Kota Bekasi pagi tadi menggelar Operasi non yustisi masker di Pasar Kecapi Jatiwarna, Kecamatan Pondok Melati, dalam rangka sosialisasi Perda nomor 15 tahun 2020 tentang Adaptasi Tatanan Hidup Baru (ATHB) dalam penanganan wabah corona virus disease 2019 (Covid-19), Kamis ( 21/1/2021).

Operasi diawali dengan apel bersama Satpol PP Kelurahan Jatiwarna dan Kecamata Pondok Melati serta Binmaspol, Babinsa dan Sekretaris Kota Bekasi yang dipimpin Kepala Seksi Penyidik Satpol PP Kota Bekasi Rapiudin.

Menurut Rapiudin, kegiatan ini melaksanakan operasi non yustisi yaitu operasi penertiban masyarakat yang tidak menggunakan masker dapat dikenakan sanksi sosial berupa menyapu jalan.

Tindakan ini kata Rapiudin merupakan bentuk sosialisasi pada masyarakat yang tidak menggunakan masker akan diberlakukannya sangsi denda maximum sebesar Rp 100 ribu.

“Disini yang kita tekankan pada pejalan kaki maupaun berkendaraan yang tidak memakai masker,” kata Rapiudi pada jakartanews.id di lokasi.

Dia menjelaskan kegiatan ini telah berlangaung sejak tanggal 14 Januari 2021 lalu. Pertama kali dilaksanakan di Kecamatan Bekasi Timur, Kecamatan Pondok Gede,Kecamatan Mustika Jaya hingga kini di Kecamatan Pondok Melati dan Kecamatan Medan Satria.

“Sedang sangsi yang sedang berlangsung di Kecamatan Medan Satria sekarang ini, berupa sangsi tindak pidana ringan (Tipiring), dengan denda maximum Seratus Ribu Rupiah,” tandas

Menurut Rapiudin tindakan ini dilakukan agar masyarakat semakin sadar terhadap kesehatan.

“Karena sekarang ini tingkat pandemi ini masih tinggi. Oleh karean itu Wali Kota Bekasi mengamanatkan pada kami agar melakukan penertiban masker di jalan jalan,” ujarnya.

Dia berharap masyarakat pandemi ini dapat segera berakhir supaya aktivitas masyarakat dapat berjalan normal kembali.

Rapiudin juga menghimbau masyarakat untuk mematuhi Protokol Kesehatan (Prokes) dengan 4 M, Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan. (John A)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *