Pengurus HKTI Harus Berkontribusi Nyata Bagi Pertanian Indonesia

EKBIS HEADLINE

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Sejumlah organisasi sayap Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) masa bakti 2020-2025.

Para pengurus dilantik Ketua Umum HKTI Jenderal TNI Purnawirawan DR. Moeldoko Selasa (26/1/2021) di kantor DPP  HKTI, Jalan Taman Lawang, No.1, Menteng, Jakarta Pusat.

Ucapan selamat ini disampaikan langsung oleh para ketua umum organisasi sayap HKTI  yakni Pemuda Tani  dan Perempuan Tani.

Ketua Umum Pemuda Tani HKTI Rina Saadah optimis pengurus baru HKTI mampu  berkontribusi lebih untuk kemajuan pertanian tanah air dan kesejahteraan petani.

Apalagi HKTI sebagai Bridging Institution yang harus dapat menjadi jembatan para kepentingan petani. Karena itu,  pengurus HKTI harus dapat menjalaninya secara benar agar fungsi HKTI dapat terealisasi dengan baik.

Rina berharap dengan resmi dilantiknya kepengurusan HKTI untuk lima tahun ke depan ini, dapat memompa semangat para generasi muda HKTI untuk terus berkarya dan menciptakan generasi petani muda yang berpotensial.

“Karena kita lihat sekarang di masyarakat kita seluruh Indonesia merupakan Negara agraris. Bagaimana kita menjadikan negara agar bisa diolah, bias kelola dengan baik oleh anak-anak muda. Kalau kita lihat pada kesempatan sekarang ini, petani itu usianya 42 tahun kalau kita lihat 5 sampai 10 tahun kedepan maka kita membutuhkan anak-anak muda untuk bias mengelola pertanian,” kata Rina usai cara pelantikan.

Rina menegaskan Pemuda Tani HKTI siap untuk menjalankan program yang sudah digariskan pengurus HKTI utamanya dalam bidang kepemudaan.

Program yang dibuat pengurus pusat harus didukung oleh organisasi sayap HKTI sesuai dengan fungsi dan tugasnya.

“Kami  sebagai anak-anak muda yang ada di kepengurusan HKTI tentunya akan menjalankan program-program yang sudah menjadi bagian dari program HKTI sendiri dan dengan bekerjasama dengan berbagai sektor pemerintahan, asosiasi pertanian, kampus dan lain sebagainya, kalau bisa kita bersinergi dengan semua pihak terkait,” ujar Rina.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Umum Perempuan Tani HKTI  Dian Novita Susanto.

Diharapkan pengurus HKTI dapat terus melahirkan ide dan kreativitas  untuk mengembangkan sektor pertanian dan juga meningkatkan kesejahteraan petani.
“Harapan kita, bisa mengembangkan ide dan kreativitas, terus kita juga bisa mengembangkan  inovasi kita, karena saya percaya di pengurus HKTI ini masing-masing mempunyai potensi yang mereka miliki,” kata Dian di kesempatan yang sama.

Menurut Dian, dengan ide dan kreativitas maka akan  ada produk yang inovatif. Pasalnya sektor pertanian bukan hanya bicara menanam komoditas namun bisa dikembangkan lagi menjadi produk yang memiliki nilai ekonomis dan juga memiliki nilai plus untuk petani . Hal ini juga sesuai apa yang diamanatkan Ketua Umum HKTI.
“Sebenarnya kalau kita bicara pertanian tidak masalah tanam tetapi di situ bagaimana caranya meningkatkan kreativitas dalam rangka apa, contoh di situ ada pasca panen, ada bagaimana cara marketingnya, ada juga bagaimana cara kita mengelaborasi segala potensi yang kita miliki.” Ungkap Dian.
Acara pelantikan pengurus DPP HKTI untuk lima tahun kedepan ini dilangsungkan secara hybrid yakni dilakukan secara tatap muka dan virtual. Untuk tatap muka hanya ada 15 pengurus yang datang di kantor DPP HKTI, sementara pengurus lainnya dilantik secara online. (Np/amin)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *