Lewat FB Jual Satwa Dilindungi, Tiga Tersangka Diamankan Polda Jatim

HEADLINE HUKRIM

JAKARTANEWS.ID-SURABAYA: Kasubdit IV Tipidter Ditreskrimsus Polda Jatim AKBP Jimmy Tana mengatakan pihaknya telah mengamankan tiga tersangka pelaku tindak pidana konservasi SDA ditempat yang berbeda, selasa (16/2/2021).

“Kami amankan tiga tersangka berinisial, NR (26) warga Sidoarjo,VPE (30) dan NK (29) keduanya warga Kediri, “katanya di Mapolda Jatim, Rabu (17/2/2021).

Jimmy mengatakan modus para pelaku dalam menjalankan aksinya yaitu memanfaatkan facebook untuk melakukan penjualan satwa yang dilindungi undang-undang tanpa ada dokumen resmi.
“Mereka menjualnya dengan besaran variative antara Rp 2 juta hingga Rp 10 juta,”jelasnya.

Tersangka NR, kata Jimmy, menggunakan akun di FB bernama @zein-zein.” Sedangkan tersangka VPE dan NK menggunakan nama akun Enno Arekbonek Songolaspitulikur,’jelasnya.

Sementara itu untuk barang bukti yang disita, dari tangan tersangka NR diamankan barang bukti antara lain 15 ekor Kakatua Maluku dengan nama latin Cacatua Moluccensis, 2 sangkar besi, 30 buah paralon bekas tempat satwa,14 buah keranjang plastik bekas tempat satwa, hingga 1 unit Handphone Iphone 6s Plus warna silver.
Untuk dari tangan tersangka VP dan NK, diamankan barang bukti antara lain Elang Brontok (Spizaetus cirrhatus) dan 8 ekor Lutung Budeng (Trachypithecus Auratus).

Sementara itu, untuk mempertanggungjawaban aksi kejahatan para tersangka, penyidik menjeratnya dengan pasal dengan pasal 40 ayat (2) juncto pasal 21 ayat (1) dan ayat (2) serta pasal 33 ayat (3), juncto Pasal 21 ayat (2) huruf a dan c dengan pidana penjara paling lama 5 tahun dan denda maksimal Rp 100 juta.(yudhie)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *