Adhikartes Community Gerakan Anak Muda Papua Hadapi Tantangan ASEAN 2025

HEADLINE NASIONAL

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: ASEAN tahun 2021 telah mengeluarkan Master Plan Connectivity 2025 mengenai kesiapan negara-negara ASEAN dalam menghadapi persaingan Global 2030.

Indonesia yang merupakan bagian dari negara ASEAN diharapkan mampu berbenah diri untuk mempersiapkan SDM-nya melalui peningkatan pengetahuan dan pengalaman ‘belajar’ serta mengasah ‘skill’ terkait dengan ‘adaptability dan agility’

“Kemampuan bertahan dan beradaptasi melalui inovasi merupakan langkah yang efektif dalam menghadapi tantangan kinerja masa mendatang dan menghadapi persaingan kompetensi sesama tenaga kerja,” kata Direktur Adhikartes Community Henni Gusfa dalam seminar bersama Universitas Timika, Selasa (23/2/2021).

Seminar yang digelar oleh Adhikartes Community dan Universitas Timika dengan tema ‘Pemberdayaan Kaum Muda dalam Menghadapi Tantangan 2030’ ini untuk mendalami potensi yang ada di Papua, khususnya di Timika untuk memberikan peluang dan kesempatan kepada para pemuda dan masyarakat dalam memulai perubahan dan pengembangan potensi daerah.

“Seminar ini akan menjadi pembuka bagi kesempatan masyarakat Papua untuk mengenmbangkan potensi melalui kompetisi Bisnis yang akan dilaksanakan selama bulan Maret – April 2021,” ucapnya.

Lebih jauh akademisi Universitas Mercu Buana ini, tujuan dari seminar ini juga untuk menggali dan memaksimalkan potensi kearifan lokal, serta moderasi kehidupan yang ada di Papua.

“Membuka dan mengembangkan wawasan masyarakat terhadap pentingnya kesiapan mental serta ide melalui seminar dan kompetisi sebagai sarana akselerasi peningkatan mutu SDM Papua,” paparnya.

“Meningkatkan kesadaran diri para kaum muda sebagai kelompok penggerak masyarakat Papua sebagai salah satu solusi untuk mewujudkan akselerasi peningkatan mutu SDM Papua,” tutupnya.

Hadir sebagai pemateri dalam seminar ini yakni, Direktur Dekan Universitas Timika Maria Magdalena Paramita Dewi, M.I.Kom, Kaprodi Jurusan Agribisnis Universitas Timika DR. Dendy Sofyandy, S.Hut. M.Sc, Founder startup Sketsadata.com Sigit Yunanto, ST, MIKom dan Director Human Capital PT. Cardig Aero Services Ricko Suyanto M.Ikom. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *