Musrenbang Kecamatan Tanah Abang Terdapat 563 Usulan Senilai Rp 30 Miliar

HEADLINE MEGAPOLITAN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Pada kegiatan musyawarah rencana pembangunan (Murenbang) tingkat Kecamatan Tanah Abang Tahun 2021, sedikitnya terdapat 563 usulan kegiatan dari tujuh kelurahan. Dari jumlah sebanyak itu,  pemerintah tidak bisa mengabulkan seluruhnya mengingat anggaran terbatas sehingga hanya dipilih yang prioritas.

Hal itu terungkap pada Musrenbang Kecamatan Tanah Abang yang berlangsung secara virtual dan dibuka oleh Wakil Walikota Jakarta Pusat Irwandi. “Adapun usulan yang tidak bisa masuk pada musrenbang tingkat kecamatan akan diusulkan lagi pada musrenbang   tingkat kota,” kata Irwandi, Rabu (24/2).

Irwandi minta  lurah dan camat  supaya menginfokan kepada masyarakat tentang usulannya. “Aspirasi  yang diajukan ini nantinya akan dibahas dan ditampung berdasarkan skala prioritas. Adapun usulan yang tidak masuk,  supaya diberi tanda atau ceklis untuk dimasukkan ke tingkat kota atau pada musrenbang tahun depan,” jelas Irwandi.

Diakuinya, memang tidak semua usulan dapat dikerjakan tetapi ada ada skala prioritas. “Sekarang masih pandemi Covid-19, jadi masih diutamakan pembangunan di bidang kesehatan,” kata Irwandi pada acara musrenbang yang dihadiri seluruh lurah, camat, tokoh masyarakat dan ikut hadir anggota DPRD DKI Jakarta, H. Riano P. Ahmad. “Saya berharap usulan warga dalam musrenbang tingkat Kecamatan Tanah Abang dapat diteruskan ke tingkat DKI serta dapat direalisasikan pada angaran tahun 2022,” harap Irwandi.

Plt Camat Tanah Abang, Muhamad Iqbal menjelaskan, total usulan kegiatan Kecamatan Tanah Abang dalam musrenbang tahun 2021 sebanyak 563 usulan dengan total nilai Rp. 29.068.603.901,70 atau hampir Rp 30 miliar.  “Terdiri dari usulan fisik 173 usulan senilai Rp 27.542.892.342, dan  kegiatan non fisik sebanyak 66 usulan dengan nilai Rp 355.447.449, dan permintaan pengadaan  barang 324 usulan senilai Rp. 1.188.264.220,” jelasnya.

Dari 563 usulan tersebut, Kelurahan Kampung Bali dan Kelurahan Bendungan Hilir yang paling banyak mengusulkan kegiatan masing-masing 142 usulan dan 116 usulan. Pada umumnya usulanya yang paling banyak yaitu menyangkut pembangunan fasilitas jalan dan saluran air. (joko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *