Covid19 Tak Halangi Koba Group Rekrut Perawat TKI ke Jepang

EKBIS HEADLINE

JAKARTANEWS.ID — JAKARTA: Pandemi Covid19 tidak menghalangi Jepang melindungi warganya yang sudah lanjut usia. Indonesia diharapkan bisa mengisi tenaga kerja perawat Lansia, yang pada 2017 tercatat kisaran 35% dari total 126,5 juta penduduknya atau kebutuhan total 345.000 tenaga terampil pada 14 sektor pekerjaan.

“Koba Group membuka kesempatan bagi pekerja khususnya tenaga perawat lansia. Perawat Indonesia diminati bangsa kami karena telaten, sopan, dan profesional. Tetapi jumlahnya masih di bawah tenaga kerja Vietnam, Cina & Filipina,” ujar Tomonori Kobayashi, CEO Koba Group, dalam bahasa Jepang, yang diterjemahkan kepada media secara virtual dari Jepang.
Dijelaskannya, Vital Corporation Limited atau Vital co ltd menjadi perekrut resmi dari Koba Grup untuk menyeleksi hingga menempatkan ke penerima jasa (user) di Jepang.

“Seleksi ketat dengan pembekalan mahir bahasa Jepang dan kompetensi pekerjaan, yang dibiayai alias gratis kecuali visa dan paspor tanggungjawab calon pekerja,” ujar Kobayashi.

Karena itulah sambung Lisa Heriyati, PT Takumi Koba Indonesia (TKI) yang dipimpinnya mengajak kerjasama Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia merekrut calon pekerja dari Indonesia untuk mengisi posisi pekerjaan di tengah pandemi Covid19 yang merusak ekonomi.
“Kerjasama dengan pemerintah berarti mengindikasikan kami resmi, dan tidak main-main. Hanya saja, memang, trauma pengalaman korban pekerja migran yang diperlakukan jahat menyebabkan ketidakpercayaan termasuk kepada kami awalnya,” ujar Dirut Lisa, Selasa (9/3).
Namun begitu, Manajer Administrasi & Personalia PT TKI, Ardi Asrianto SPd, mengungkapkan kebahagiaannya manakala para pekerja migran yang notabene korban sindikat human trafficking menikmati fasilitas PT TKI.
“Koba Grup termasuk PT TKI telah memberangkatkan 50 pekerja migran sejak membuka perwakilan di Indonesia, 2019. Dan kini kami sudah menyiapkan 100 TKI untuk diberangkatkan akhir Maret 2021, setelah terhalang pandemi Covid19 setahun lalu,” ujar Manajer Ardi. (royke)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *