20 Bangunan Liar di Bantaran KBB Dibongkar Petugas Kelurahan Kebon Melati

HEADLINE MEGAPOLITAN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Sebanyak 20 bangunan liar di bantaran Kali Banjir Barat (KBB)  Jl Tenaga Listrik RW 16 Kelurahan Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat diobrak-abrik. Bangunan berupa warung dan hunian sederhana dibongkar hingga rata tanah karena berdiri di atas lahan negara. 

Pembongkaran yang melibatkan 30 personil gabungan dipimpin Lurah Kebon Melati, Winetrin bersama Kasatgaspol Marjai. “Keberadaan bangunan ini melanggar ketertiban dan menimbulkan kekumuhan sehingga sering diprotes warga setempat,” ujar Winetrin, Kamis (25/3). Sebelumnya petugas telah memberikan surat peringatan agar para penghuni atau pemilik bangunan liar segera mengosongkan lokasi.

Namun peringatan tersebut tidak digubris oleh para penghuni, sehingga petugas terpaksa membongkarnya. Hanya dalam hitungan beberapa jam saja,  puluhan bangunan yang berdiri berderet di atas bantaran kali sudah ambruk semua. Pembongkaran berlangsung kondusif karena tidak ada perlawanan dari oknum warga.

Setelah lokasi dibersihkan dari puing bekas bangunan, kata Winetrin, pihaknya akan berkordinasi dengan Sudin Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Pusat untuk menggarap lahan tersebut menjadi taman. “Kami akan segera merapikan permukaan tanah dan menanam tanaman hias untuk memperindah lingkungan,” kata Bu Lurah.

Kasatgaspol Kebon Melati, Marjai menambahkan dalam penertiban ini pihaknya mengerahkan 30 personil gabungan. “Kami bersyukur bahwa pada penertiban ini tidak ada perlawanan dari para penghuni bangunan, sehingga penertiban berjalan lancar,” ujar Marjai sambil menambahkan puing bangunan dibuang ke TPST Bantar Gebang, Bekasi.(joko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *