Anggaran Dipangkas, Sandiaga Uno Pastikan Kinerja Kemenparekraf Tak Berkurang

HEADLINE PARLEMEN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Komisi X DPR RI mengadakan Rapat Kerja (Raker) dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di Kompleks Parlemen, Senayan, Kamis (25/3/2021).

Kepada para awak media, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, pihaknya dan Komisi X DPR RI membahas berbagai isu.

Sandiaga memastikan, meskipun anggaran Kemenparekraf dipangkas dan direalokasi, namun hal itu tak akan mengurangi kinerja Kemenparekraf.

“Dapat kami sampaikan, penghematan dan realokasi anggaran, pengurangan anggaran bagi Kemenparekraf tidak akan mengurangi kinerja kementerian, karena kita yang terapkan adalah penghematan terhadap biaya rutin, biaya rapat, dan biaya perjalanan,” kata Sandiaga usai dirinya mengikuti Raker Kemenparekraf dengan Komisi X DPR RI, Kamis (25/3/2021)

Sandiaga menyatakan, Kemenparekraf akan meningkatkan dana hibah di tahun 2021 bagi pelaku usaha dan ekonomi kreatif.

“Dana hibah akan kita tingkatkan di tahun 2021 untuk menjangkau lebih banyak lagi para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif yang tahun lalu hanya bisa menyentuh hotel dan restoran,” ungkap anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra ini.

Sandiaga Uno pun mengungkapkan, Komisi X DPR RI berharap adanya peningkatan jumlah desa wisata melalui pendampingan dan pembinaan bagi desa wisata agar dapat menjadi desa wisata mandiri.

“Harapan dari Komisi X DPR RI untuk peningkatan secara signifikan jumlah desa wisata yang dilakukan pendampingan dan pembinaan agar dapat menjadi desa wisata mandiri,” tutur mantan Wagub DKI Jakarta ini.

Sandiaga berharap, pariwisata Indonesia dapat bangkit dan menebar harapan semangat, juga membuka peluang terutama di bidang teknologi dan digital.

“Harapannya pariwisata Indonesia dapat bangkit dan menebar harapan semangat, juga membuka peluang terutama di bidang teknologi dan digital,” harap Sandiaga.

Lebih lanjut, mantan Ketua Umum HIPMI ini mengharapkan agar dunia pariwisata Indonesia ini dapat berkeadilan, berkelanjutan, dan berkualitas.

“Harapannya agar pariwisata ini berkeadilan, berkelanjutan, dan berkualitas. Nah 3 poin ini yang kita sampaikan dan sambutan dari Komisi X DPR RI sangat positif dan akan segera kita eksekusi. Jadi itu yang menjadi inti dari rapat kerja yang kami laksanakan,” pungkas Sandiaga Uno. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *