Pemprov DKI Bersama YPO Luncurkan Program Kampung Asuh di 3 Kelurahan 

HEADLINE MEGAPOLITAN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Pemprov  DKI Jakarta berkolaborasi bersama  perkumpulan Young Presidents’ Organization (YPO) Indonesia,  meluncurkan program Kampung Asuh. Program tersebut dicanangkan di tiga wilayah kelurahan di Jakarta Utara yakni Kelurahan Rawa Badak Selatan, Kelurahan Tugu Selatan dan Kelurahan Kelapa Gading Barat.

Kampung Asuh merupakan program peningkatan kualitas kawasan permukimam dengan skema kolaborasi. Melalui program Kampung Asuh, warga dapat bersama-sama meningkatkan kualitas hidup masyarakat kampung, berinteraksi, dan menjalin ikatan emosi bersama. Program ini bertujuan menjadikan kampung sebagai tempat tinggal yang layak dan berkelanjutan pada aspek fisik, ekonomi, dan sosial secara bersama-sama.

Dalam Kick Off Program Kampung Asuh yang diselenggarakan di Ruang Pola Balaikota DKI Jakarta,  Gubernur  DKI Jakarta, Anies Baswedan menyampaikan harapannya agar Kampung Asuh dapat diperluas di kampung-kampung lain di Jakarta, sehingga seluruh kampung di Ibukota merasakan manfaat dari program ini. “Benar-benar hari berbahagia karena kita menyaksikan babak baru, bahwa kita perlu kerja bersama, gotong-royong menyelesaikan tantangan di Jakarta dengan pendekatan  kolaborasi. Saya berharap kita bisa mendorong kerja besar ini agar meluas,” jelas Anies, Jumat (26/3).

Anies berharap program Kampung Asuh ini dapat membangun interaksi yang bukan saja programatik, melainkan juga emosional antara warga kampung yang dibantu dengan pihak-pihak yang membantu. “Dengan ini, diharapkan timbul satu rasa bahwa satu kota adalah satu keluarga dan terus terwujud persatuan kesatuan di Jakarta,” tambahnya.

Pemberian dukungan dalam pelaksanaan program Kampung Asuh ini mencakup bidang pendidikan/edukasi; aspek infrastruktur; sosial dan budaya; dan/atau pemberdayaan ekonomi masyarakat. “Kampung Asuh aspek yang akan dikerjakan banyak, bukan hanya hard infrastruktur tapi juga soft infrastruktur, seperti pendidikan dan kesehatan,” paparnya.

Untuk tahap awal, dukungan yang diberikan pemerintah kepada tiga kampung tersebut berupa sarana prasarana yaitu komputer 5 unit, printer 3 unit, UPS 5 unit, 2 unit stabilizer @ 5000 watt / unit, 1 unit sistem Reverse Osmosis (R.O) air bersih, 1 unit dispenser air minum (panas dan dingin) , ATK dan vitamin untuk siswa dan guru, 1 unit proyektor + layar + tripod untuk sekolah PKBM Himmata. Kemudian 1 unit PC all in one Asus + 1 unit printer epson L3110 + dan 1 unit UPS bagi masing masing RW 08, 09,10,11 Kelurahan Rawa Badak Selatan, RW 07 Kelurahan Tugu Selatan dan RW 22 Kelapa Gading Barat, lalu 1 unit komputer + 1 unit UPS untuk PAUD RW 22 Kelurahan Kelapa Gading Barat. (joko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *