Kepala Badiklat Kejaksaan Ingatkan CPNS Tidak Otomatis Diangkat PNS

HEADLINE HUKRIM

Pelatihan Dasar CPNS

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Kepala Badiklat Kejaksaan Tony T.  Spontana mengingatkan seorang  CPNS tidak otomatis diangkat menjadi PNS. 

“CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) baru dapat diangkat menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil, bila memenuhi dua syarat,  ” katanya,  di Badiklat (Badan Pendidikan dan Latihan) Kejaksaan.

Pernyataan tersebut diutarakan saat membuka Pelatihan Dasar CPNS Golongan III, Angkatan 1 – IX,  tahun 2021, Kamus (25/3).

Menurut Mantan Kapuspenkum ini,  kedua syarat tersebut, adalah  telah lulus Pelatihan Dasar CPNS dan sehat jasmani rohani.

“Dengan demikian seorang CPNS yang tidak memenuhi kedua syarat tersebut tidak dapat diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil, ” tegasnya.

Pelatihan Dasar CPNS wajib diikuti oleh seluruh CPNS dan harus mampu menyelesaikan pelatihan  hingga layak dinyatakan lulus.

GUGUR

Pada kesempatan itu,  Tony kembali mengingatkan peserta pelatihan, bagi yang tidak lulus tidak diberikan lagi kesempatan untuk mengulang pelatihan sesuai UU No.  5/2014 tentang ASN (Aparatur Sipil Negara).

“Dengan demikian gugur pula hak nya untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil, ” paparnya.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk mengembangkan kompetensi CPNS sebagai pelayan masyarakat yang profesional.

Selain itu,  diharapkan mampu menjadi motor kemajuan Indonesia, mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, berani melakukan inovasi

“Tak kalah pentingnya, mengikuti dinamika politik dan ekonomi, mendengar keinginan masyarakat dengan selalu mengedepankan kepentingan rakyat, bangsa dan negara di atas kepentingan yang lain,” pesannya. (ahi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *