Masih Fokus Tangani Covid-19, Gus Jazil Pastikan MPR RI Belum Pernah Membahas PPHN

HEADLINE PARLEMEN

JAKARTANEWS.ID – ANYER: Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid mengungkapkan hingga saat ini belum pernah melakukan pembahasan mengenai perlunya dibentuk Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

“Jadi sampai hari ini MPR belum memutuskan pasal tertentu yang dilakukan amandemen termasuk PPHN,” ungkap politisi yang akrab disapa Gus Jazil pada saat menjadi pembicara Press Gathering MPR RI bekerjasama dengan Koordinatoriat Wartawan Parlemen (KWP) dengan tema: ‘Urgensi Dibentuknya PPHN di Hotel Mambruk, Anyer, Banten, Sabtu (27/3/2021).

Gus Jazil menyatakan, ide pembentukan PPHN merupakan rekomendasi anggota MPR RI periode 2014-2019, sedangkan fraksi-fraksi di MPR RI saat ini belum ada yang mengajukannya untuk dikaji bersama.

“Ini merupakan hasil rekomendasi dari MPR yang lama, yang sedang dilakukan oleh Badan Pengkajian dan belum ada satupun fraksi yang mengusulkan secara resmi,” tutur Waketum DPP PKB ini.

Menurut Gus Jazil, amandemen ini tidaklah mudah karena harus diusulkan sepertiga anggota MPR RI.

Gus Jazil menjelaskan, setelah syarat sepertiga anggota yang mengusulkan terpenuhi maka akan dibentuk panitia ad hoc untuk melakukan atau meneruskan usulan dari fraksi-fraksi yang ada.

“Karena kalau ini amandemen maka ini harus ada sepertiga yang mengusulkan amandemen terkait PPHN. Sampai hari ini belum tercapai, masih jauh. Setelah itu baru dibuat panitia ad hoc untuk melakukan atau meneruskan usulan dari fraksi-fraksi yang ada,” terang Gus Jazil.

Gus Jazil berpendapat, hal ini mungkin pula disebabkan lantaran saat ini Indonesia masih dilanda pandemi corona (Covid-19) sehingga pemerintah lebih memprioritaskan dalam upaya penanggulangannya.

“Ini juga masih belum karena juga karena corona mungkin, sehingga menangkap aspirasi rakyat juga tidak menjadi prioritas, karena prioritasnya kemudian soal penanggulangan corona dan dampak dari Covid-19,” ucap anggota Komisi III DPR RI ini.

Lebih lanjut, legislator asal Dapil Jatim 10 ini memastikan, fokus pemerintah merupakan fokus MPR/DPR RI juga, sehingga baik legislatif maupun eksekutif untuk saat ini masih berfokus pada penanggulangan pandemi Covid-19.

“Fokus pemerintah, fokus DPR, fokus kita semua itu adalah bagaimana corona segera berlalu, jadi ide PPHN kemudian dapat dibahas kembali,” pungkas Gus Jazil. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *