Kilang Minyak Balongan Terbakar, Nurhasan Zaidi: Segera Evaluasi Seluruh Kilang

HEADLINE PARLEMEN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Anggota Komisi VII DPR RI Nurhasan Zaidi mengutarakan keprihatinannya atas peristiwa terbakarnya kilang minyak Bolongan, Indramayu, Jawa Barat (Jabar) pada Senin dini hari (29/3/21).

“Kita kaget dan prihatin dengan kejadian kebakaran ini. Dalam industri perminyakan dan gas, harusnya semua sudah dipastikan Zero Accident, standar operasionalnya harus ketat dan dan tidak bisa ditawar untuk semua pihak,” kata Zaidi kepada para wartawan, Selasa (29/3/2021).

Jadi, lanjut Zaidi, pihaknya akan mengevaluasi hal ini, karena masalah ini merupakan hal yang serius.

“Kita akan panggil direktur Pertamina dan bila perlu kita dorong pembentukan panja khusus investigasi, agar musibah sejenis tidak terjadi,” ungkap politisi PKS ini.

Nurhasan juga mendesak Pertamina dan pemerintah mengambil langkah-langkah yang cepat untuk mengatasi dampak dari peristiwa tersebut terutama penanganan korban yang mayoritas warga sekeling kilang serta pemulihan kondisi termasuk antisipasi menjalarnya kebakaran.

“Kita semua tahu Balongan adalah kilang yang sangat vital bagi industri minyak mentah Indonesia, baru beberapa hari kemarin lalu kebakaran kilang di balik papan, kejadian-kejadian ini jadi refleksi dari sistem pengelolaan industri minyak kita, sekarang saat yang tepat untuk berbenah,” ujar Zaidi.

Lebih lanjut, legislator asal Dapil Jabar 9 ini menilai, sesungguhnya kasus kebakaran dan permasalahan kilang minyak bukan kali pertama terjadi, bahkan belum lama ini juga terjadi percikan api mendadak muncul di areal kilang PT Pertamina (Persero) melalui Refinery Unit (RU) V Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat (26/3/2021).

“Tentu ini menjadi langkah penting untuk melakukan audit menyeluruh terhadap seluruh kilang minyak PT Pertamina. Di sisi lain juga otoritas seperti BPH Migas dan Kementerian ESDM harus serius memastikan seluruh langkah revitalisasi kilang dilakukan dengan serius,” pungkas Nurhasan Zaidi. (Daniel)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *