Semua Pegawai Kementerian ATR/BPN Adalah Insan Humas

HEADLINE NASIONAL

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Citra dan persepsi yang positif merupakan ujung tombak bagi suatu institusi pemerintahan, dalam hal ini Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) juga perlu meningkatkan citra positif sebagai pelayan masyarakat di bidang pertanahan dan tata ruang. Untuk membangun citra yang baik serta persepsi masyarakat yang positif tentunya diperlukan peran dari seluruh jajaran baik di tingkat pusat maupun di Kantor Wilayah BPN Provinsi serta Kantor Pertanahan yang berada di Kabupaten/Kota.

Seperti yang dikatakan Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto bahwa yang bertanggung jawab dalam menciptakan persepsi positif bukan hanya jajaran di unit kerja Biro Hubungan Masyarakat, tetapi dari level pimpinan hingga seluruh jajaran di bawahnya.

“Ini lah kenapa bapak ibu dari jajaran kanwil dikumpulkan yaitu untuk menyampaikan pesan penting peran kehumasan dalam membangun citra lembaga kita,” ungkapnya dalam sambutan pada kegiatan Konsolidasi Kehumasan yang diselenggarakan di Hotel Grand Sheraton, Senin (29/03/2021).

Lebih lanjut, Himawan Arief Sugoto menegaskan kepada seluruh peserta kegiatan konsolidasi kehumasan kali ini bahwa peran seluruh jajaran adalah sebagai motor penggerak dalam hal membangun komunikasi dengan para pemangku kepentingan, juga membangun citra positif sehingga perlu mengajak semua jajaran membangun budaya melayani. Dengan membangun budaya melayani serta budaya membangun profesionalisme yang baik, ia yakin kelak persepsi positif Kementerian ATR/BPN akan meningkat dan semakin dipercaya oleh masyarakat sebagai pelanggan utama dalam pelayanan pertanahan dan tata ruang.

Oleh sebab itu, Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan konsolidasi kehumasan dalam rangka penguatan peran humas di seluruh jajaran. “Jadi yang namanya humas intinya adalah bagaimana kita menjalin komunikasi kepada para pemangku kepentingan, membangun suatu hubungan baik, membangun citra dan persepsi baik,” ucap Himawan Arief Sugoto.

“Tantangan kita adalah bagaimana kita membangun sebuah persepsi yang setara dengan realita, tentunya persepsi itu bisa meningkat apabila kita bisa menanamkan kesan-kesan baik kepada masyarakat, salah satunya dengan menjadikan nilai-nilai lembaga sebagai fundamental oleh seluruh jajaran yang menjadi insan humas dari kementerian ini,” tambahnya.

Di samping itu, Sekretaris Jenderal juga mengatakan untuk mendukung peningkatan persepsi positif dari Kementerian ATR/BPN, perlu juga membangun jaringan dengan media sebagai pemangku kepentingan guna menyampaikan informasi kepada masyarakat, yang dapat berupa kreativitas para jajaran khususnya yang berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat.

“Kalau hal ini terus dibangun, maka dengan sendirinya citra kita akan membaik. Semoga teman-teman semua bisa terus membangun citra yang baik dan menjadikan institusi kita menjadi institusi yang terpercaya,” pungkas Himawan Arief Sugoto.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Yulia Jaya Nirmawati mengatakan tujuan dari kegiatan kali ini adalah salah satunya untuk memaksimalkan peran humas dalam membangun citra serta persepsi masyarakat terhadap Kementerian ATR/BPN. “Besar harapan kami, kegiatan ini akan memberikan kontribusi yang nyata dalam penguatan kehumasan untuk membangun Kementerian ATR/BPN semakin terpercaya,” tutur Yulia Jaya Nirmawati. (Np)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *