Kotak Hitam Sriwijaya SJ-182 Ditemukan, Irwan: Tugas Investigasi KNKT Jadi Semakin Mudah

HEADLINE PARLEMEN

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Anggota Komisi V DPR RI Irwan bersyukur dengan diketemukanya Kotak hitam berisi Cockpit Voice Recorder (CVR) pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

“Dengan ditemukannya CVR tersebut, KNKT lebih mudah, objektif serta komprehensif dalam investigasi penyebab terjadinya kecelakaan pesawat Sriwijaya,” kata Irwan kepada para awak media, Kamis (1/3/2021).

Irwan mengatakan, dengan ditemukanya CVR, maka data yang dimiliki semakin sempurna, sebab bisa diperoleh data perbincangan antara pilot dan co pilot di dalam kokpit pesawat.

“Data penting dibutuhkan dari FDR dan CVR, di disamping mencari tahu penyebab terjatuhnya pesawat tersebut juga untuk perbaikan kelaikan dan keselamatan penerbangan tanah air ke depan,” jelas Wasekjen DPP Partai Demokrat ini.

Irwan menjelaskan, sebelumnya data yang ada di dalam FDR sudah berhasil diunduh dan KNKT sudah memberikan keterangan awal pada Februari 2021 lalu.

“Data tersebut sangat berharga apalagi ditemukan beberapa hal di dalamnya dan sudah disampaikan di komisi V DPR RI dan juga masyarakat,” tutup Irwan.

Diketahui, CVR dari Sriwijaya Air SJ-182 berhasil ditemukan pada kemarin malam sekitar pukul 20.00 WIB. CVR berhasil didapatkan tidak jauh dari titik ditemukannya Flight Data Recorder (FDR). (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *