Pasca Penolakan Hasil KLB, Jamiluddin Ritonga: Popularitas dan Elektabilitas Partai Demokrat Akan Meningkat

HEADLINE NASIONAL

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Pemerintah telah menolak permohonan Partai Demokrat versi KLB Deli Serdang. Penolakan ini menegaskan Partai Demokrat AHY yang diakui pemerintah.

Demikian disampaikan Pakar Komunikasi Politik Universitas Esa Unggul M. Jamiluddin Ritonga kepada para awak media, Rabu (31/3/2021).

Jamiluddin menilai, keputusan pemerintah itu sudah diperkirakan sebelumnya mengingat Partai Demokrat pimpinan Moeldoko sungguh-sungguh tidak sesuai dengan AD/ART dan UU Partai Politik.

“Jadi pemerintah sudah menegakkan hukum seadil-adilnya dan menepis isu adanya intervensi pemerintah,” kata Penulis Buku Tipologi Pesan Persuasif ini.

Dengan keputusan pemerintah ini, jelas Jamiluddin, popularitas Partai Demokrat diperkirakan makin tinggi, begitu pula elektabilitas partai berlambang mercy tersebut.

Selain itu, lanjut Jamiluddin, Partai Demokrat diharapkan tetap sebagai partai oposisi yang berkoalisi dengan rakyat.

“Hal ini diperlukan agar di parlemen fungsi pengawasan tetap berjalan sehingga check and balance masih ada di Indonesia,” ujar Dosen Metodologi Penelitian Komunikasi Universitas Esa Unggul, Jakarta ini.

Lebih lanjut, Dekan Fikom IISIP 1996-1999 ini mengaku optimis, dengan ditolaknya hasil KLB kubu Moeldoko membuat demokrasi akan tetap tumbuh subur di Indonesia.

“Hal itu juga membuat optimisme, demokrasi akan tetap tumbuh subur di Indonesia,” tutup Jamiluddin Ritonga. (Daniel)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *