Pemerintah Tolak Permohonan Kubu KLB

HEADLINE HUKRIM

Moeldoko Dkk Gigit Jari

JAKARTANEWS.ID -JAKARTA: Moeldoko Dkk harus gigit jari,  sebab permohonan mereka ke Kementerian Hukum dan HAM untuk disahkan Kepengurusan DPP Partai Demokrat versi KLB Deli Serdang,  Sumut (5/3)  ditolak.

“Permohonan, pengesahan kepengurusan terkair KLB 5 Maret ditolak,  ” kata Menkumham Yasonna H. Laoly dalam konferensi pers virtual,  Rabu (31/3).

Politisi PDIP ini beralasan terdapat sejumlah dokumen yang belum dilengkapi dari hasil verifikasi oleh Ditjen Administrasi Hukum Umum (AHU).

“Seperti perwakilan dari unsur DPD,  DPC. Lalu,  tidak adanya mandat dari Kerua DPD dan Ketua DPC, ” beber Yasonna.

Pengumuman pemerintah mengubur ambisi Moeldoko yang juga Kepala Staf Presiden serta politisi Demokrata yang sudah dipecat Jhoni Allen,  Marzuki Ali,  Max Sopacua dan lainnya.

Kongres Luar Biasa yang dimotori Jhoni Allen Dkk digelar sebagai bentuk kekecewaan mereka atas kepemimpinan AHY.

Dalam konferensi pers virtual bersama Menko Polhukam Mahfud MD,  Yasonna menjelaskan penolakan pengesahan kepengurusan KLB merujuk kepada AD/ART Partai Demokrat Tahun 2020 yang telah disahkan.

“Jadi,  kita tidak berwenang menilai perubahan AD/ART yang diajukan kubu KLB.

GUGAT

Walau,  ketuk palu pemerintah sudah dilakukan,  Yasonna masih memberi ruang kepada kubu KLB,  guna mengajukan  gugatan ke pengadilan.

“Alasan-alasan tentang AD/ART tersebut biarlah pengadilan yang putuskan. Kami tidak berwenang menilainya. Silahkan gugat ke pengadilan,  jika AD/ART tidal sesuai UU Parpol,  ” tuturnya.

Sementara, Mahfud MD mengatakan secara hukum administrasi negara persoalan sudah selesai, dengan keluarnya putusan pemerintah.

“Putusan pemerintah tersebut murni persoalan hukum,  ” tegasnya.

DUALISME

Menanggapi putusan pemerintah, Ketua Umum DPP Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengatakan dengan demikian tidak ada dualisme di Demokrat.

“Putusan itu mempertegas AD/ART Partai Demokrat hasil Kongres ke-V,  2020. Sekaligus juga mempertegas tidak ada dualisme di Demokrat,  ” tegasnya dalam pernyataan pers,  Rabu. (ahi

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *