Kapolri Listyo Sigit Prabowo Resmikan Fasilitas-fasilitas Kreasi Kapolda NTB M. Iqbal

HEADLINE NASIONAL

JAKARTANEWS.ID – NTB: Kiprah lrjen Pol Mohammad Iqbal dalam perjalanan tugas dan berkarya di institusi Polri penuh dengan kreasi dan inovasi. Setiap ditempatkan di satu tempat tugas, lulusan Akpol 1991 (Bhara Daksa) selalu membangun karya-karya kreatif di lingkungan kerjanya. Hal ini sudah terlihat saat lqbal masih menjabat Kapolres Gresik dan Sidoarjo.

Kreasinya itu terus berlanjut saat lrjen Mohammad lqbal menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak Mei tahun 2020. Hari ini (3/4/2021) sejumlah hasil karya lqbal diresmikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang sengaja datang berkunjung ke NTB. Kapolri Sigit, memang satu angkatan bersama lqbal di Akpol 1991. Bahkan, lqbal hingga saat ini masih menjadi Ketua Angkatan Bhara Daksa sejak beliau masih menjabat Kapolres Jakarta Utara (2012-2015).

Apa saja fasilitas yang diresmikan Kapolri Sigit di Mapolda NTB? Lapangan Bhara Daksa, dimana terdapat Tribun Lumbung Bhara Daksa, videotron, alat gym outdoor, lapangan voli, lapangan parkir, Cafetaria De’ 91 sekaligus tempat penyimpanan korsik.

“Lapangan Bhara Daksa saat ini berbeda jauh dengan sebelumnya, karena dilengkapi dengan Cafetaria De ’91 yang berada di sisi utara. Selain itu juga dilaksanakan penyerahan buku berjudul Mempolong Merenten (bahasa khas Lombok Utara yang berarti Kakak Bersaudara), “ujar mantan Kabareskrim Polri ini.

Dalam arahannya, Sigit juga memberi arahan kepada para PJU Polda NTB terkait berbagai hal terkini, termasuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas), juga gambaran umum penanganan pandemi COVID-19.

Pada kesempatan tersebut, Kapolri juga memberikan penghargaan kepada sejumlah pengusaha yang telah berpartisipasi dalam pembangunan dan renovasi. Di antaranya Dirut PT Varindo Lombok lnti M. Farid Amir, Pimpinan PT Aria Jaya Raya, Bambang Wijaya, Chirsteven Mergonoto dari PT Santos Jaya Abadi, dan lda Wahyuni Sahabudin dari PT Limousine Gold.

Inspektur Jenderal Mohammad lqbal, saat menjabat Kapolres Jakarta Utara, sudah membangun Command Center (pusat komando) yang dilengkapi peralatan canggih dalam memonitor data-data operasional kepolisian di tingkat polres. Kemudian ketika menjabat Kabid Humas Polda Metro Jaya, lqbal membangun pusat informasi serba canggih yang disebut Media Manajemen Center (M2C). M2C ini menjadi tempat pusat pemantauan lntelegent Media, baik oleh pejabat Polri dan media massa cetak, elektronik seperti, radio, TV dan online. Kreasi lqbal ini membuat Iqbal yang saat itu masih berpangkat kombes, ditetapkan menjadi Kabid Humas Terbaik se Indonesia dan menerima award dari Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. (2015).

Selepas pendidikan Lemhannas 2016, dengan lulus terbaik dalam penulisan naskah akademik, Mohammad lqbal kemudian dipromosi menjabat Kapolrestabes Surabaya. Di Surabaya, tempat dirinya lama bertugas, lqbal membangun Command Center yang cukup representatif. Selain itu, ia merenovasi gedung aula mapolrestabes menjadi Gedung Bhara Daksa. Prestasi ini membuat Iqbal mendapatkan prestasi menjadi Kapolres Terbaik se Indonesia oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian tahun 2016.

Setelah dipromosi berpangkat bintang sebagai Karo Penmas Divisi Humas Polri selama 6 bulan, lqbal kemudian dimutasi menjabat Wakapolda Jatim. Hanya 3 bulan menjabat, lqbal kemudian dipromosi menjabat Kadiv Humas Polri.
Kreasi Mohammad lqbal, tak pernah berhenti. Ia kemudian merenovasi gedung perkantoran Divisi Humas Polri dari bantuan Company Social Responsibility (CSR) sebuah perusahaan multinasional. (nico karundeng)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *