Bencana di NTT dan NTB, Ibas Ucapkan Duka dan Instruksikan Anggota F-PD Bantu Korban

HEADLINE NASIONAL

JAKARTANEWS.ID – JAKARTA: Ketua Fraksi Partai Demokrat (F-PD) DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) turut prihatin dan berduka atas musibah banjir yang terjadi di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Nusa Tengara Timur (NTT).

Ibas sendiri langsung menginstruksikan anggota dewan di fraksinya sigap membantu masyarakat yang terkena bencana banjir tersebut.

“Tentu kami prihatin dan menyampaikan duka atas bencana ini. Dan saya tegaskan kepada kawan-kawan di F-PD, ayo kita langsung singsingkan lengan, bantu warga yang kesulitan,’’ kata Ibas kepada para awak media, Senin (5/4/2021).

Menurut Ibas, hal ini memang bukan instruksi baru bagi para anggota dewan di Partai Demokrat (PD).

“Dalam setiap peristiwa, khususnya saat terjadi bencana yang membuat masyarakat sulit, para kader PD selalu diminta sigap dan segera hadir meringankan beban,” tegas anggota Komisi VI DPR RI ini.

Ibas mengungkapkan, pakem atau kebiasaan PD memang demikian. Tanggap bencana, hadir.

“Semampu kita, segera berikan bantuan lalu pantau perkembangan dan upayakan bantuan-bantuan yang diperlukan warga selanjutnya,” ujar Ibas.

“Setelah atau bersamaan dengan itu, kita juga tetap menyampaikan soal-soal yang terkait dengan antisipasi juga upaya-upaya pemerintah melakukan tindakan preventif. Setidaknya, tentang bagaimana mengantisipasi dampak serius dari sebuah bencana,’’ sambung putra kedua Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

Agar meringankan beban para korban, legislator asal Dapil Jatim 7 ini meminta para anggota F-PD memberikan bantuan langsung atau aksi nyata, khususnya mereka yang berasal dari dapil NTT dan NTB.

‘’Selain itu, kami juga meminta teman-teman di Komisi VIII mendorong pemerintah agar segera bertindak. Dalam bencana seperti ini, tanggap darurat memiliki peran penting. Karena banyak korban yang kebutuhannya memang sangat mendesak,’’ pungkas Ibas.

Seperti diketahui, di Bima, data awal menyebutkan ada sekitar 7.598 unit rumah terendam dengan ketinggian air 50-200 sentimeter. Sementara itu ada 23.362 jiwa terdampak. Ribuan rumah terendam dan puluhan ribu orang terdampak banjir akibat hujan dengan intenstas tinggi di Bima sejak Jumat (2/4/2021).

Banjir juga terjadi di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Minggu (4/4/2021) dini hari. Puluhan orang dikabarkan meninggal didalam peristiwa ini. Wakil Bupati Flores Timur Agustinus Payong Boli menyebut, hingga Minggu (4/4/2021) ada setidaknya 54 orang korban meninggal akibat banjir dan longsor di beberapa desa yang ada di Kabupaten Flores Timur. (Daniel)

Tagged

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *